Jika sudah terserang DBD, apa minuman untuk pasien DBD yang dianjurkan dan membantu penyembuhan? (iStockphoto/artJazz)

Kala musim hujan datang, demam berdarah dengue (DBD) menjadi salah satu penyakit yang patut diwaspadai. Namun jika sudah terserang DBD, apa minuman untuk pasien DBD yang dianjurkan bantu penyembuhan?

Makanan dan minuman yang tepat dapat membantu Anda dalam pemulihan cepat dari demam berdarah.

Cara ini juga akan meringankan berbagai gejala demam berdarah dan memberi Anda beberapa bantuan ekstra bersama dengan obat yang disarankan.

Berikut lima minuman untuk pasien DBD yang dapat bantu proses penyembuhan.

1. Jus daun pepaya
Sebagaimana dilansir NDTV, jus daun pepaya dapat membantu Anda mengobati demam berdarah secara efektif.

Minuman ini membantu meningkatkan jumlah trombosit pasien demam berdarah dan meningkatkan daya tahan tubuh.

Anda dapat mengekstrak beberapa jus daun pepaya dan menambahkan air dan meminumnya dua atau tiga kali sehari untuk hasil yang lebih baik.

2. Jus sayuran
Sayuran kaya akan nutrisi penting. Anda bisa menyiapkan jus sayuran dengan campuran beberapa sayuran yang menyegarkan. Tambahkan beberapa lemon ke jus sayuran untuk meningkatkan kandungan vitamin C serta untuk meningkatkan rasa jus.

3. Air kelapa
Minuman untuk pasien DBD lainnya adalah air kelapa. Minum air kelapa saat DBD dianjurkan untuk menghindari dehidrasi.

Minuman ini memberi nutrisi pada tubuh Anda dan membuat Anda terhidrasi. Anda bisa minum hingga dua gelas air kelapa dalam sehari. Air kelapa adalah minuman sehat yang bisa Anda minum secara teratur.

4. Teh herbal
Teh sarat dengan khasiat yang bermanfaat bagi kesehatan Anda. Anda dapat memilih teh jahe, teh kapulaga, atau teh kayu manis untuk kesehatan yang lebih baik.

Dengan menyesap teh herbal, ini membantu mempercepat pemulihan Anda dari demam berdarah. Rasa teh herbal yang menyegarkan juga akan menyegarkan pikiran Anda.

5. Jus jambu biji
Jus jambu biji kerap menjadi pilihan minuman untuk pasien DBD. t Jambu biji diyakini mempercepat pembentukan trombosit darah baru, membantu menghentikan pertumbuhan virus.

Selain itu kandungan vitamin C yang tinggi juga akan menjadi sumber kalsium dan mineral untuk tubuh dan meningkatkan kesehatan.

Meski belum ada bukti kuat bisa mengatasi DBD, tapi sejauh masih aman, jus jambu biji dapat dikonsumsi sebagai minuman untuk pasien DBD.

“Boleh dikonsumsi sebagai suplementasi, bukan sebagai obat utama. Yang utama cairan lewat infus dan pemantauan ketat,” kata Ari Sejati, dokter spesialis penyakit dalam di MRCCC Siloam Semanggi dan RS Atma Jaya, Maret 2020 silam.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia