Cristiano Ronaldo memiliki peluang, namun gagal berbuah gol. (REUTERS/CRAIG BROUGH)

Manchester United kalah 0-2 dari Manchester City dalam Derbi Manchester pada pekan ke-11 Liga Inggris di Stadion Old Trafford, Sabtu (6/11/2021).

Tuan rumah tertinggal 0-2 di babak pertama lewat gol bunuh diri Eric Bailly dan Bernardo Silva. Man City unggul cepat pada menit kedelapan setelah Eric Bailly bunuh diri usai gagal mengantisipasi umpan silang Joao Cancelo dari sisi kanan.

Tim tamu lebih mendominasi permainan hingga laga berjalan 20 menit. Meski demikian, tekanan Man City belum lagi membahayakan Man United.

 

Dalam beberapa serangan Man City kesulitan menembus pertahanan Man United yang memainkan tiga bek tengah.

Sementara itu, Cristiano Ronaldo belum bisa menunjukkan kualitasnya guna menciptakan peluang bagi Setan Merah.

Ronaldo nyaris membawa MU menyamakan skor pada menit ke-26. Hanya saja, tendangan voli Ronaldo yang memanfaatkan umpan silang Luke Shaw bisa ditepis Ederson Moraes. Bola rebound juga gagal dimanfaatkan dengan baik oleh Mason Greenwood.

Tiga bek tengah yang dipasang Man Utd memudahkan Man City menciptakan sejumlah peluang gol. Salah satunya lewat Phil Foden usai menerima umpan terobosan.

Umpan tarik Foden pada menit ke-29 hampir membuat Kevin de Bruyne membawa Man City unggul 2-0 jika saja tendangannya tidak diblok Luke Shaw.

Kiper David de gea melakukan penyelamatan gemilang dengan menepis tendangan Gabriel Jesus dari depan gawang pada menit ke-29. Sesaat kemudian, De Gea mementahkan tendangan Cancelo dari luar kotak penalti.

De Gea menyelamatkan Man United dari kebobolan banyak gol pada babak pertama. Victor Lindelof hampir mencetak gol bunuh diri pada menit ke-33, namun diblok De Gea.

Semenit kemudian, kiper asal Spanyol itu menepis tendangan De Bruyne dari dalam kotak penalti pada menit ke-34.

Jelang babak pertama berakhir Man City menggandakan skor jadi 2-0 melalui sontekan Bernardo Silva. Gol itu bermula dari umpan silang Joao Cancelo dari sisi kiri.

Bola Cancelo yang mengarah ke Bernardo luput dari penjagaan Luke Shaw. Sotekan Bernardo gagal diantisipasi De Gea sehingga bola tetap masuk ke gawang.

Man United mencoba memperkecil kedudukan di babak kedua. Hanya saja tendangan Mason Greenwood dari luar kotak penalti pada menit ke-59 masih melebar di sisi kiri gawang Ederson.

 

Upaya lain dari The Red Devils datang lewat tendangan Bruno Fernandes pada menit ke-79. Hanya saya sepakan gelandang Portugal itu bisa diblok pertahanan tim tamu.

Man City hampir unggul 3-0 pada menit ke-81, namun sayang tendangan Phil Foden hanya membentur tiang gawang. Bek John Stones juga memberikan ancaman kepada pertahanan pada menit ke-86, namun tendangannya melebar dari gawang De Gea.

Tanpa tambahan gol pada sisa pertandingan, Man City menang 2-0 atas Man United.

Editor: ARON

Sumber: cnnindonesia