Ilustrasi. Makanan tinggi kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah seperti serangan jantung dan stroke. (Istockphoto/Wiktory)

Makanan tinggi kolesterol jahat dapat meningkatkan risiko seseorang mengalami penyakit jantung dan pembuluh darah seperti serangan jantung dan stroke. Oleh karena itu, setiap orang mesti menghindari konsumsi makanan tinggi kolesterol jahat.

Konsumsi makanan yang mengandung kolesterol jahat ini dapat meningkatkan kadar LDL dalam tubuh. Kadar LDL dapat diketahui dengan pemeriksaan darah.

LDL dikaitkan dengan keberadaan plak yang terdapat di pembuluh arteri. Semakin banyak plak di pembuluh darah semakin berbahaya untuk kesehatan. Plak dapat menyumbat pembuluh darah, mempengaruhi tekanan darah, bahkan membuat pembuluh darah pecah.

Berikut makanan tinggi kolesterol jahat yang perlu dihindari:
1.Daging merah
Daging merah tinggi akan kolesterol jahat. Daging merah mengandung lemak trans yang dikaitkan dengan kenaikan LDL dan penurunan HDL atau kolesterol baik. Dikutip dari Medical News Today, studi menunjukkan kenaikan konsumsi lemak trans 2 persen saja dapat meningkatkan risiko penyakit jantung koroner 25 persen dan risiko kematian dari segala kondisi sebanyak 31 persen.

Hindari pula konsumsi daging olahan karena sudah melewati proses yang panjang sehingga makin meningkatkan kandungan lemak trans.

2. Susu berlemak
Susu berlemak, butter, yogurt, dan keju mengandung lemak jenuh yang tingi. Produk olahan susu seperti keju juga tinggi akan sodium. Kandungan-kandungan ini berkontribusi terhadap kenaikan kolesterol jahat.

Sebaiknya pilih susu yang tidak mengandung lemak untuk mencegah kenaikan kolesterol.

3. Makanan yang digoreng
Makanan yang digoreng dalam minyak yang banyak dan dalam waktu yang lama juga mengandung lemak jenuh yang tinggi. Jenis lemak ini dapat meningkatkan kadar kolesterol dengan cepat.

4. Makanan yang manis
Kue, cookies, dan donut terdengar nikmat dan begitu menggoda. Namun, hati-hati dalam mengonsumsi makanan ini karena tinggi kolesterol jahat.

Makanan ini mengandung gula yang tinggi sehingga meningkatkan kadar trigliserida dalam darah. Trigliserida adalah lemak darah yang dapat meningkatkan risiko penyakit jantung.

5. Makanan cepat saji
Makan cepat saji telah melewati pengolahan makanan yang tinggi sehingga mengurangi nilai gizi yang terkandung di dalamnya. Makanan ini juga mengandung kadar garam dan kolesterol yang tinggi.

Dikutip dari Healthline, studi menunjukkan orang yang sering makan makanan cepat saji memiliki kolesterol yang tinggi, lemak perut yang berlemah, dan inflamasi yang tinggi.

Hindari konsumsi makanan tinggi kolesterol jahat ini karena dapat meningkatkan risiko penyakit.

Editor : ARON
Sumber : cnnindonesia