Lifestyle
3 min read
28

6 Pengganti Kecap untuk Diet

21 September 2021
0

Kecap dengan cita rasa manis gurih kerap dijadikan bumbu masak. Umumnya bumbu kental yang terbuat dari kedelai hitam ini dicampur ke dalam tumisan, sup, atau makanan yang dipanggang.
Akan tetapi, kecap manis sering dikaitkan pada kalori tinggi penyebab kenaikan berat badan. Hal itu dikarenakan kecap mengandung gula dan sodium sebagai bahan pengawetnya.

Sodium juga dapat memberi efek ingin terus-terusan makan dan minum. Namun jangan khawatir, sebenarnya ada pengganti kecap untuk diet yang lebih sehat.

1. Coconut aminos
Dilansir dari Healthline, coconut aminos merupakan pengganti kecap asin yang lebih sehat karena berasal dari nira kelapa organik dan garam laut alami.

Selain itu, kandungan natrium coconut aminos cukup rendah daripada kecap biasa, tapi tetap memberi cita rasa asin dan gurih pada masakan.

Bahkan coconut aminos ini memiliki warna dan konsistensi yang mirip dengan kecap kedelai biasa sehingga tak cocok sebagai pengganti kecap dalam masakan.

2. Kecap ikan
Selanjutnya ada kecap ikan yang tidak mengandung protein kedelai dan bebas gluten. Kecap ikan juga mampu meningkatkan rasa makanan Anda tanpa harus menggunakan kecap manis.

Ada banyak merek kecap ikan berkualitas di pasaran yang dapat dibeli sesuai kebutuhan. Kecap ikan juga bisa menjadi alternatif pengganti garam yang lebih sehat.

3. Saus tiram
Pengganti kecap untuk diet yaitu saus tiram dengan tekstur lebih kental dan biasanya dicampur ke dalam tumisan. Merek dagang saus tiram ini cukup banyak.

Sebelum membeli saus tiram sebaiknya periksa label komposisi dan pastikan saus tersebut tidak mengandung gula tambahan, karamel, yang berisiko tingkatkan kalori.

4. Kecap Inggris
Kecap Inggris atau saus Worcestershire ini lebih umami dan beraroma wangi yang unik. Kecap Inggris seringnya dijadikan bumbu marinasi untuk daging steak, campuran tumisan, atau olahan masakan chinese.

Saus Worcestershire bebas gluten yaitu tidak mengandung kedelai karena komposisinya terdiri atas bawang-bawangan, cuka, kecap asin, lada hitam, asam jawa.

5. Bragg liquid aminos
Bragg liquid aminos serupa dengan bumbu serbaguna yang mempunyai tekstur serta warna seperti kecap pada umumnya yang bisa menjadi pengganti kecap asin.

Bahan dasar Bragg liquid aminos ini adalah non-GMO kedelai dan air murni. Kegunaannya sama seperti kecap Inggris karena bisa menjadi bumbu marinasi ikan, daging, atau sup.

6. Kecap homemade dari air kelapa
Apabila Anda ingin membuat kecap sendiri, alternatifnya bisa menggunakan air kelapa tua yang dimasak bersama rempah-rempah. Berikut bahan dan cara membuat kecap dari air kelapa.

3-4 gelas air kelapa, sudah disaring sampai bersih
1 butir kluwek
Serai, salam, lengkuas secukupnya
Gula jawa secukupnya (menyesuaikan tingkat kemanisan air kelapa)
Garam secukupnya
3 butir kemiri
3 kuntum kembang lawang kering
3 sdm wijen
3 siung bawang putih halus
Bubuk kedelai secukupnya
Gula jawa di sini bersifat opsional. Apabila air kelapa yang digunakan sudah memberi rasa manis, sebaiknya tidak perlu ditambah gula.

Cara membuat kecap homemade dari air kelapa:

Panaskan wajan tanpa minyak dengan api kecil
Masukkan kembang lawang, wijen dan kemiri, sangrai sampai kecoklatan
Bumbu sangrai dan isian kluwek di blender sampai halus
Siapkan panci sambil dipanaskan, lalu masukkan air kelapa sambil disaring
Tambahkan bumbu sangrai halus ke dalam campuran air kelapa
Masukkan bawang putih halus, salam, sereh, lengkuas
Beri garam secukupnya dan setengah potong gula jawa (opsional)
Kecilkan api dan masak sampai mendidih
Campur bubuk kedelai sambil aduk rata
Masak dengan api kecil selama 2-3 jam sampai cokelat tua
Matikan api dan saring kecap ke wadah, lalu biarkan dingin di suhu ruangan
Setelah disaring tinggal gunakan kecap untuk keperluan Anda
Itulah opsi pengganti kecap untuk diet dan cara membuat kecap sendiri dari air kelapa yang bisa Anda coba.

 

editor : will
sumber cnn