Warga Kampung Tua Bagan, Piayu, Batam, Kepulauan Riau, Minggu (15/8/2021) siang menerima paket sembako gratis, yang merupakan program dari posko bantuan penanganan Covid-19, yang diadakan oleh Badan Intelejen Negara (BIN) Kepulauan Riau.

Berbeda dalam program pembagian sembako pada umumnya, para penerima paket sembako ini, mengaku bahwa pihak penyelenggara tidak menerapkan syarat apapun.

“Gak ada minta syarat seperti pemberian sembako lain. Saya tak ada diminta KTP atau KK, cuma dikasih tahu ada program bagi sembako tadi malam sama pak RT,” ujar Mariam warga RT 02, yang ditemui di lokasi kegiatan.

Tidak hanya itu, Mariam yang telah berusia 62 tahun ini, bahkan sebelumnya sempat mengaku tidak mengetahui bahwa pihak penyelenggara, merupakan salah satu instansi Negara yang bertugas dalam menjaga keamanan.

Dimana berdasarkan keterangan perangkat RT setempat, bahwa pembagian sembako yang diselenggarakan hari ini, kemungkinan digelar oleh Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

“Bahkan tadi saya pikir ini bantuan dari perusahaan. Karena melihat seragam para panita. Tadi tiba di lokasi baru saya tahu bahwa yang menyelenggarakan, adalah BIN,” ungkap Mariam.

Salah satu warga lainnya, Ezam (55) juga mengakui hal serupa, dimana awalnya secara pribadi dia tidak mengetahui siapa penyelenggara, program sembako gratis bagi masyarakat.

Walau demikian, Ezam mengaku senang dengan program ini, dimana pihak penerima tidak dikenakan syarat apapun.

“Saya pikir kemarin bahkan pak RT bercanda. Karena biasanya kalau ada program sembako, pasti minta syarat KTP dan KK. Tapi ternyata benar, dan sepertinya penyelenggara memang memilih agar bantuan tepat sasaran,” papar Ezam.

Hal ini diungkapkan Ezam, melihat para penerima bantuan sembako, mayoritas merupakan para orang tua di Kampung Bagan, yang memang saat ini hanya bekerja serabutan, serta beberapa telah ditopang oleh anak dalam mencukupi kebutuhan sehari-harinya.

“Kayak saya sekarang bekerja serabutan mas, walau memang ada anak yang bantu. Tapi saya tidak enak setiap saat harus merepotkan mereka terus untuk kebutuhan seperti ini,” papar Ezam.

Sementara itu, Ketua Panitia Posko Bantuan oleh BIN Daerah Kepri, AKP Nasrun menuturkan bahwa program pembagian sembako, yang dilaksanakan di Kampung Tua Bagan ini, merupakan titik yang ke 33.

Dimana sesuai arahan Presiden Joko Widodo, para penerima bantuan sembako ini, memang ditujukan bagi masyarakat tidak mampu, dan masyarakat pinggiran yang terdampak Covid-19.

“Ini titik yang ke 33, dan total ada 200 paket bahan pokok yang dibagikan kepada warga yang membutuhkan,” jelasnya.

Mengenai program ini, pihak BIN Kepri diakuinya tetap menyelenggarakan bantuan setiap hari, di berbagai titik yang berbeda.

Dimana sebelumnya, pihaknya juga telah melakukan program serupa, di beberapa pulau yang tersebar di wilayah Batam.

“Target utama adalah masyarakat yang terdampak, dan juga masyarakat Hinterland. Seperti kemarin, kita sudah menyalurkan bantuan ini ke beberapa warga seperti di Pulau Karas, Kasu, hingga Galang. Bantuan ini, akan tetap berjalan setiap hari,” tegasnya.

Editor: WIL