Rusia melepaskan tembakan peringatan ke arah kapal Angkatan Laut Inggris yang melanggar batas wilayah setelah memasuki kawasan Laut Hitam dekat Krimea pada Rabu (23/6/2021).

Kementerian Pertahanan Rusia menyatakan bahwa insiden yang melibatkan kapal HMS Defender ini terjadi di pesisir Cape Fiolent di Krimea, wilayah yang mereka caplok dari Ukraina pada 2014 lalu.

Menurut Kemhan Rusia, pasukan mereka sudah memberikan “peringatan awal bahwa senjata akan digunakan oleh Rusia jika mereka melanggar.”

Namun, kapal Inggris itu tak merespons peringatan tersebut. Akhirnya, “kapal patroli perbatasan melepaskan tembakan peringatan.”

Selain itu, militer Rusia juga mengerahkan pesawat Su-24 untuk menjatuhkan empat bom di sekitar jalur kapal Inggris tersebut. Setelah itu, kapal Inggris itu baru meninggalkan wilayah perairan di dekat Krimea tersebut.

Sebagaimana dilansir AFP, usai insiden tersebut, Kemhan Rusia memanggil atase militer Inggris di Rusia untuk menyampaikan protes langsung.

Pada Juni lalu, Angkatan Laut Inggris menyatakan bahwa kapal HMS Defender itu memisahkan diri dari kelompok serang NATO di Laut Mediterania.

Menurut AL Inggris, kapal HMS Defender itu meninggalkan operasi untuk menjalankan “misi sendiri” di Laut Hitam.

Insiden yang melibatkan pesawat dan kapal memang kerap terjadi di perbatasan Rusia. Namun, sangat jarang insiden yang sampai memicu tembakan peringatan.

Editor : Nul

Sumber : cnnindonesia