Angka saldo ATM di tanggal tua memang menakutkan. Namun bagi sebagian orang, angka timbangan bisa lebih menakutkan dan bikin stres. Berbagai cara dilakukan demi angka timbangan yang lebih sehat dan menyenangkan untuk dilihat. Namun apa daya, metode-metode yang ditulis di artikel kesehatan lebih mudah dikatakan daripada dilakukan.

Akan tetapi jika Anda mau berkunjung ke dapur, mungkin pikiran bahwa menurunkan berat badan itu sulit bakal luntur. Di dapur, Anda bakal menemukan berbagai bahan pangan yang membantu menurunkan berat badan. Mudah dan murah bukan?

Berikut 20 bumbu dapur yang membantu menurunkan berat badan, dirangkum dari berbagai sumber.

1. Jahe

Saat tidak enak badan, jahe biasanya jadi andalan untuk meredakan rasa tidak nyaman dan memberikan kehangatan. Jahe pun bisa membantu menurunkan berat badan karena menaikkan temperatur badan sehingga bisa membakar lemak lebih efektif.

2. Bawang putih

Ilustrasi bawang putihBawang putih menjadi salah satu bahan dapur yang dapat membantu menurunkan berat badan. (Pixabay/condesign)

Dilansir Boldsky, bawang putih akan mencegah akumulasi lemak di tubuh dan mencegah kenaikan berat badan. Bawang putih pun bisa membantu melawan stres dan menurunkan gejala kecemasan.

3. Lada hitam

Rasa pedasnya yang khas membuat lada hitam sempurna untuk membuat tumis daging atau sup. Rempah satu ini pun bisa membantu menurunkan berat badan karena rendah kalori, tinggi vitamin dan mineral juga kaya akan serat.

4. Kunyit

Raw organic famous and essential spice i.e. Turmeric or haldi or Curcuma or Curcuma, saffron des Indes in a clay bowl along with its powder on brown colored wooden surface.Kunyit menjadi salah satu bahan dapur yang dapat membantu menurunkan berat badan. (iStockphoto/ Mirzamlk)

Kunyit umum digunakan sebagai bumbu, campuran minuman, pewarna alami makanan juga campuran masakan. Kunyit pun membawa aneka manfaat untuk kesehatan termasuk meningkatkan metabolisme.

5. Kayu manis

Rempah lain yang juga bisa diandalkan untuk menurunkan berat badan adalah kayu manis. Tambahkan saja bubuk kayu manis dalam kopi Anda sehari-hari.

6. Biji wijen

Raw organic famous and essential spice i.e. Turmeric or haldi or Curcuma or Curcuma, saffron des Indes in a clay bowl along with its powder on brown colored wooden surface.Biji wijen menjadi salah satu bahan dapur yang dapat membantu menurunkan berat badan. (iStockphoto/ Mirzamlk)

Kaya akan serat dan protein membuat biji wijen bisa diandalkan untuk urusan menurunkan berat badan. Biji wijen pun bisa memicu enzim yang membakar lemak.

7. Cuka apel

Berbagai manfaat kesehatan ditawarkan oleh cuka apel. Tak hanya itu, ternyata cuka apel juga mampu mengurangi lemak tubuh. Kandungan asam asetatnya akan membantu memecah makanan dengan baik dan mencegah darah menyerap lebih banyak lemak.

8. Minyak zaitun

Ilustrasi Minyak ZaitunMinyak zaitun menjadi salah satu bahan dapur yang dapat membantu menurunkan berat badan. (stevepb/Pixabay)

Minyak zaitun memberikan tubuh asupan lemak sehat. Di samping itu, minyak zaitun mampu meningkatkan rasa kenyang dan membantu menyerap vitamin larut lemak.

9. Minyak kelapa

Bicara soal menurunkan berat badan, Anda tidak boleh melupakan minyak kelapa (virgin coconut oil). Melansir dari Byrdie, minyak kelapa punya komponen untuk mencegah penumpukan lemak, merangsang metabolisme dan menekan rasa lapar.

10. Wortel

Salah satu sayur yang wajib Anda konsumsi demi program penurunan berat badan adalah wortel. Mengapa? Wortel rendah kalori dan tinggi nutrisi. Sayur ini pun bisa diolah jadi beragam masakan.

11. Yoghurt

Diet tinggi kalsium akan membantu Anda memperoleh berat badan ideal. Yoghurt khususnya Greek yogurt yang tinggi kalsium sebaiknya masuk dalam diet harian. Hati-hati, pilih yogurt yang tidak mengandung gula tambahan.

12. Sayuran hijau

 

Ilustrasi SayuranSayuran hijau menjadi salah satu bahan dapur yang dapat membantu menurunkan berat badan. (Pixabay/kkolosov)

 

Jangan remehkan kemampuan sayuran hijau di kulkas Anda. Kale, bayam, kangkung, semuanya rendah kalori dan kaya akan serat. Berat badan turun dan pencernaan pun sehat.

13. Keluarga kubis-kubisan

Brokoli, kembang kol, kubis juga Brussels sprout banyak mengandung serat. Memasukkan jenis sayuran ini dalam diet bisa memberikan rasa kenyang lebih lama apalagi untuk Anda yang sedang berpuasa.

14. Kentang

Rasanya ada yang kurang jika tidak makan nasi. Padahal sebenarnya sumber karbohidrat tidak hanya nasi. Coba sesekali ganti dengan kentang rebus. Anda tak perlu takut makin melar.

15. Alpukat

 

ilustrasi alpukatAlpukat menjadi salah satu bahan dapur yang dapat membantu menurunkan berat badan. (iStockphoto/Milan Krasula)

 

Lemak sehat tak hanya diperoleh dari minyak zaitun tetapi juga alpukat. Roti gandum panggang dan irisan alpukat bakal jadi sarapan atau menu sahur yang sempurna. Alpukat pun mengandung tinggi serat sehingga tidak akan cepat lemas dan ngidam makanan berlebihan.

16. Jeruk Bali

Jeruk Bali memiliki ukuran jauh lebih besar daripada sesama jeruk lainnya. Oleh karenanya, sepotong saja sudah mampu memberikan rasa kenyang berkat kandungan air dan serat. Makan dalam porsi besar pun tidak akan membuat berat badan naik karena rendah kalori.

17. Selai kacang

Selai kacang mengandung lemak sehat, vitamin dan mineral. Pun kandungan karbohidrat yang rendah membuat selai kacang jadi pilihan sehat untuk menuju berat badan ideal. Namun sebaiknya perhatikan porsi penyajiannya karena saat berlebihan justru berat badan bisa naik.

18. Kacang mete

ilustrasi Kacang MeteKacang mete menjadi salah satu bahan dapur yang dapat membantu menurunkan berat badan. (iStockphoto/salez)

Biji-bijian dan kacang-kacang-kacangan baik dimasukkan dalam diet harian sebagai bagian dari program penurunan berat badan. Masukkan pula kacang mete sebab kacang ini tinggi serat, protein dan nutrisi lain yang penting buat tubuh.

19. Kacang merah

Seperti dilansir Healthline, kacang merah mengandung tinggi protein, serat sehingga baik untuk membantu menurunkan berat badan. Berbuka dengan es kacang merah sepertinya juga bukan ide buruk asal minim gula tambahan.

20. Daun mint

Biasa dimanfaatkan untuk campuran minuman, daun mint juga aman dikonsumsi. Daun ini rendah kalori dan tinggi serat, mampu meningkatkan metabolisme juga menyehatkan pencernaan.

 

Editor : Nul

Sumber : cnnindonesia