Rempah-rempah merupakan bahan terbaik untuk meningkatkan cita rasa dan aroma pada masakan tanpa khawatir kalori bertambah.

Selain membuat makanan lebih enak, rempah juga bisa jadi obat diet alami selama program penurunan berat badan.

Ada jenis rempah yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh untuk pembakaran lemak. Rempah-rempah ini memberikan efek termogenik, yakni membantu tubuh membakar kalori dan lemak mulai dari saat mengunyah hingga proses cerna.

Meski berbahan dasar alami, kamu tetap harus mengonsumsinya dalam batasan wajar. Tujuannya agar mencegah risiko efek samping yang mungkin saja muncul, terlebih digunakan untuk tujuan diet.

Berikut rempah yang dapat membantu meningkatkan metabolisme sehingga bisa jadi obat diet alami, melansir beragam sumber.

1. Jahe

Fresh ginger root on the wooden tableFoto: iStockphoto/pilipphoto
Jahe bisa dimanfaatkan sebagai obat diet alami dan menyembuhkan beragam penyakit.

Akar rimpang asli Asia Tenggara ini banyak digunakan sebagai campuran masakan dan obat herbal tradisional beragam penyakit ini juga dapat membantu menurunkan berat badan.

Merujuk Medical News Today, senyawa dalam jahe memiliki khasiat obat, seperti antioksidan dan anti-inflamasi yang bermanfaat bagi kesehatan.

Penelitian menunjukkan bahwa mengonsumsi jahe selama masa diet dapat membantu menurunkan berat badan dan lemak perut secara signifikan.

Ini karena jahe dapat membantu mempercepat metabolisme dan pembakaran lemak, mengatur gula darah, serta menurunkan penyerapan lemak dan nafsu makan.

Jahe bisa dicampurkan ke dalam makanan atau bisa juga dengan diseduh menjadi wedang jahe untuk obat diet alami.

2. Lada Hitam

Ground Black Pepper and Peppercorns with wooden spoon and scoop.

Studio shot on June, 18, 2018Foto: Istockphoto/khouwes
Lada hitam bisa dimanfaatkan sebagai obat diet alami.

Rempah yang berasal dari buah kering bernama Piper nigrum ini mengandung senyawa kuat yang disebut piperin. Piperin-lah yang memberikan efek rasa pedas serta berpotensi menurunkan berat badan.

Berdasarkan studi awal menunjukkan bahwa komponen pedas piperin pada lada hitam bekerja menghalangi pembentukan sel-sel lemak baru dalam aliran darah.

Lebih lanjut, penelitian yang dilakukan pada hewan oleh Biochemical and Biophysical Research menemukan bahwa tikus yang diberi makanan berlemak namun dilengkapi dengan piperin menunjukkan pengurangan berat badan tanpa harus makan lebih sedikit.

Salah satu penyebabnya adalah proses termogenesis yang mengaktifkan reseptor pengatur lemak sehingga meningkatkan metabolisme tubuh.

3. Kunyit

Raw organic famous and essential spice i.e. Turmeric or haldi or Curcuma or Curcuma, saffron des Indes in a clay bowl along with its powder on brown colored wooden surface.Foto: Istockphoto/ Mirzamlk
Kunyit mengandung curcumin yang bermanfaat sebagai obat diet alami.

Kandungan curcumin pada kunyit berkhasiat mencegah peradangan, menurunkan berat badan, dan meluruhkan lemak. Hal tersebut dibuktikan dalam penelitian pada manusia.

Merujuk Healthline, studi yang dilakukan pada 44 orang obesitas menunjukkan bahwa mengonsumsi kunyit dua kali sehari ditambah dengan piperin–senyawa yang terdapat dalam lada hitam–selama satu bulan membantu mengurangi lemak perut dan menurunkan berat badan hingga 5 persen.

Selain itu, penelitian mencatat ada peningkatan kadar adiponektin, hormon yang membantu mengatur metabolisme.

Meski demikian, hal ini masih perlu dilakukan penelitian lanjutan untuk meneliti khasiat kunyit sebagai obat diet alami.

 

4. Kapulaga

 

Dried cardamom or kapulaga on wood plate, white background.Foto: iStockphoto/JokoHarismoyo
Kapulaga bermanfaat sebagai obat diet alami.

 

Kapulaga adalah rempah yang tergolong dalam keluarga jahe-jahean atau Zingiberaceae.

Beberapa penelitian menunjukkan bahwa kapulaga dapat menekan gangguan sindrom metabolik sebagai penyebab penyakit jantung dan diabetes tipe 2.

Dalam penelitian terhadap 80 wanita pradiabetes yang obesitas dan kolesterol tinggi menunjukkan bahwa mengonsumsi kapulaga selama 8 minggu memiliki kadar protein C-reaktif dan protein inflamasi yang lebih rendah, serta lingkar pinggangnya sedikit berkurang.

5. Jintan

 

Ground cumin in white ceramic bowl isolated on white. Whole cumin.Foto: iStockphoto/etienne voss
Jintan bisa bermanfaat sebagai obat diet alami.

 

 

Rempah terkenal dengan rasa pedas yang khas ini memberi sejumlah manfaat kesehatan, termasuk berpotensi mempercepat penurunan berat badan dan pembakaran lemak.

Jintan dapat meningkatkan metabolisme, menurunkan kadar kolesterol, dan membantu menurunkan gula darah berkat senyawa aktif thymoquinone yang memiliki sifat antioksidan dan anti-inflamasi.

Dalam sebuah studi selama tiga bulan menunjukkan, wanita yang mengonsumsi yogurt dengan 3 gram jintan dua kali sehari berhasil kehilangan lebih banyak berat badan dan lemak tubuh.

Itulah rempah yang bisa jadi obat diet alami. Namun bukan berarti mengonsumsi rempah saja bakal sukses menurunkan berat badan. Kamu harus tetap menyeimbangkan dengan pola makan sehat dan berolahraga agar berat badan cepat turun.

 

Editor : Parna

Sumber : cnnindonesia