Mendongeng juga melatih konsentrasi anak untuk memahami bacaan. Foto: Shutterstock
Salah satu rutinitas yang sering dilakukan orang tua sebelum anak tidur adalah bedtime stories atau mendongeng. Sejatinya, kebiasaan ini sudah ada sejak dulu dan diturunkan secara turun-temurun.
Mendongeng sebelum tidur merupakan waktu yang tepat untuk membangun kedekatan orang tua dan anak. Bahkan dilansir Parents, saat mendengarkan dongeng, tingkat stres anak akan menurun dan membuatnya tidur lebih nyenyak, Moms.
Tak hanya itu, mendongeng juga memberikan manfaat lain yang dapat menunjang tumbuh kembang anak. Apa saja?

1. Menumbuhkan minat baca pada diri anak

6 Manfaat Dongeng sebelum Tidur bagi Anak (1)
Saat membiasakan anak untuk mendengarkan dongeng setiap malam, ia akan menganggap bahwa membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan dan tidak boleh terlewatkan. Foto: Shutterstock
Menumbuhkan minat baca anak bisa dimulai dengan kebiasaan mendongeng. Sebab, ia akan menganggap bahwa membaca menjadi suatu rutinitas yang menyenangkan dan tidak boleh terlewatkan.
Selain itu, semakin sering anak mendengarkan kosa kata yang Anda lontarkan saat mendongeng, semakin cepat ia memproses sebuah kata. Hal ini akan memudahkan anak ketika belajar membaca nanti, Moms.

2. Meningkatkan kecerdasan bahasa, sosial, dan emosi anak

6 Manfaat Dongeng sebelum Tidur bagi Anak (2)
Mendongeng dapat meningkatkan kecerdasan anak. Foto: Shutterstock
Sebuah cerita dapat mengenalkan anak pada objek-objek lain di luar lingkungan mereka. Ya Moms, otak anak akan memproses suara yang didengar, kemudian mendorong mereka untuk ikut mengucapkannya. Sehingga, hal tersebut dapat memperkaya dan meningkatkan pemahaman kosa kata anak.
Ketika membacakan dongeng, orang tua juga dapat menanamkan nilai-nilai sosial untuk menstimulasi kecerdasan emosional dan pemahaman anak tentang moral dan norma. Sehingga, anak dapat belajar mengekspresikan perasaan dan empatinya.

3. Memperkuat daya imajinasi anak

6 Manfaat Dongeng sebelum Tidur bagi Anak (3)
Saat mendengarkan dongeng, anak akan membayangkan seperti apa kejadian yang diceritakan. Foto: Shutterstock
Saat mendengarkan dongeng, anak akan membayangkan seperti apa kejadian yang diceritakan. Bila sudah terbiasa dibacakan dongeng, si kecil akan menebak sendiri kelanjutan alur cerita.
Gabungan antara gambar dan tulisan dalam buku dongeng juga dapat membantu anak mengembangkan kreativitas dan memperkuat daya imajinasinya.

4. Melatih konsentrasi anak

Perhatian anak mudah teralihkan pada hal-hal yang menarik baginya, sebab si kecil punya rasa ingin tahu dan penasaran yang besar.
Ketika anak sulit fokus, jangan kesal dulu, Moms. Anda bisa melatih konsentrasinya dengan membacakan dongeng setiap malam. Sesekali, mintalah anak mengulangi cerita yang Anda bacakan. Suasana kamar yang tenang juga bisa membuat konsentrasi anak meningkat.

5. Mengasah ketajaman memori

6 Manfaat Dongeng sebelum Tidur bagi Anak (5)
Saat anak berkonsentrasi mendengarkan dongeng, ketajaman memorinya akan terasah. Foto: Shutterstock
Memiliki kemampuan daya ingat yang baik memudahkan anak dalam memproses informasi baru, sehingga ia bisa mengikuti proses belajar yang lebih optimal. Dengan kemampuan daya ingat yang baik, potensi dalam diri si kecil juga bisa tersalurkan secara maksimal.
Ketika mendengarkan dongeng, anak perlu konsentrasi untuk memahami jalan cerita yang dibacakan. Hal tersebut tentu akan mengasah ketajaman memorinya, Moms.

6. Membuka wawasan baru

6 Manfaat Dongeng sebelum Tidur bagi Anak (6)
Mendongeng dapat menyalurkan rasa ingin tahu anak. Foto: Shutterstock
Ada banyak cerita yang bisa Anda pilih saat akan membacakan dongeng kepada anak. Biasanya, cerita dongeng mengandung nilai-nilai yang membuka wawasan baru untuk anak, entah itu terkait budaya, perbedaan karakter, maupun informasi lain di luar lingkungan anak.
Dengan begitu, rasa ingin tahu anak juga bisa tersalurkan, sebab si kecil akan memproses informasi yang belum pernah ia ketahui sebelumnya.
Agar momen mendongeng sebelum tidur lebih nyaman, pastikan Anda dan si kecil terhindar dari nyamuk ya, Moms! Sebab, nyamuk biasanya lebih banyak saat malam hari.
Editor : Aron
Sumber : kumparan