Setiap orang pasti punya ritualnya masing-masing untuk menjadi kuat. Akan tetapi, hal yang paling absurd datang dari Lyoto Machida. Petarung MMA itu punya tradisi meminum urinnya sendiri.
Lyoto adalah salah satu petarung kawakan. Selama karier MMA profesionalnya, ia telah malang-melintang di beberapa panggung besar seperti K-1, UFC, dan kini Bellator.
Khusus di UFC sendiri, petarung kelahiran Brasil tersebut bahkan pernah menjadi juara kelas menengah. Lyoto meraih gelar tersebut setelah mengalahkan Rashad Evans pada 24 Mei 2009 silam.
Petarung yang memiliki julukan ‘The Dragon’ tersebut kini memiliki catatan 26-10. Ia berhasil memenangkan 26 laga selama kariernya, 11 di antaranya direngkuh dengan TKO. Cukup mengesankan.
Usut punya usut, salah satu hal yang membuat Lyoto menjadi kuat–selain latihan ketat tentunya–adalah karena petarung yang memiliki darah jepang tersebut punya kebiasaan minum air kencingnya sendiri.
Dilaporkan The Guardian, Lyoto mengungkapkan bahwa meneguk urine sendiri adalah bagian dari tradisi keluarga.
“Ayah saya melakukannya sejak lama dan menurunkannya ke kami. Orang-orang menganggap itu sebagai gurauan. Saya meminum urineku setiap pagi seperti obat mujarab,” ungkapnya.
Hal tersebut dibenarkan ayah Lyoto, Yoshizo Machida, sebelum ajang UFC 113 saat Lyoto akan berduel untuk mempertahankan gelarnya kontra Mauricio Rua pada 9 Mei 2010 silam.
“Alasan kenapa Lyoto meminum urinenya setiap hari karena sekitar tiga tahun lalu dia menderita batuk. Dia kemudian meminum obat dan tak kunjung sembuh,” ucap Yoshizo dikutip dari MMA Fighting.
Petarung MMA Ini Akui Jadi Kuat karena Minum Urine Sendiri Tiap Pagi (2)
Yoshizo Machida, ayah dari Lyoto Machida. Foto: Instagram/lyotomachidafw
“Saya berkata, ‘Hei, minumlah urinemu, itulah yang akan membuatmu tetap sehat’. Dan itulah yang dia lakukan, dia minum urinenya dan dalam beberapa minggu batuknya hilang dan dia tidak punya masalah lagi,” sambungnya.
Kendati demikian, bukan perkara batuk-batuk saja yang jadi alasan untuk meminum urine.
“Alasannya sebenarnya adalah alasan kesehatan. Apa yang terjadi adalah saat Anda makan dan semua makanan itu dicerna, tidak semuanya keluar,” tuturnya.
“Tetapi saat anda minum urine di pagi hari, itu membantu membersihkan sistem pencernaan Anda. jadi, pada dasarnya sistem pencernaan Anda dibersihkan setiap hari dengan menenggak urine sendiri,” jelas Yoshizo.
Bagaimana, tertarik untuk mencoba?
Editor : Aron
Sumber : kumparan