Tak hanya merokok dan jarang berolahraga yang dapat meningkatkan risiko terkena penyakit jantung. Kebiasaan makan yang buruk juga bisa merusak jantung.

Pola makan dan makanan tertentu dapat berdampak buruk untuk kesehatan jantung dan pembuluh darah. Oleh karena itu, hindari kebiasaan makan berikut ini agar jantung tetap sehat.

Berikut kebiasaan makan yang merusak jantung.

1. Terlalu banyak makan makanan yang manis

Konsumsi gula yang berlebih dapat meningkatkan produksi insulin. Kondisi ini dapat menyebabkan iritasi dan perkembangan plak di pembuluh darah.

Plak dapat menyumbat pembuluh darah dan menyebabkan berbagai penyakit yang berkaitan dengan jantung dan pembuluh darah.

2. Terlalu banyak asupan garam

Tak hanya gula, garam yang berlebih juga tak baik untuk jantung. Konsumsi garam meningkatkan tekanan darah yang dapat berimplikasi langsung terhadap jantung. Tekanan darah tinggi merupakan faktor risiko utama penyakit jantung.

3. Terlalu banyak minum soda

Studi yang dipublikasikan di Journal of the American Heart Association menunjukkan mengonsumsi minuman bersoda meningkatkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah, serta stroke.

4. Terlalu banyak makan lemak jenuh

Dikutip dari Eat This, konsumsi lemak jenuh yang tinggi dapat meningkatkan kadar kolesterol. Dalam waktu lama kondisi ini dapat menyumbat arteri dan menyebabkan penyakit jantung.

5. Kurang asupan serat

Asupan serat dapat mengurangi kadar kolesterol jahat. Serat juga punya peran penting dalam mengontrol kadar gula darah. Kondisi ini berperan penting dalam kesehatan jantung.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia