Hari ulang tahun adalah hari yang spesial untuk orang-orang yang sedang merayakannya. Untuk membuat hari ulang tahun orang-orang tersayangmu semakin spesial, kamu bisa memberikannya ucapan selamat ulang tahun yang berkesan.

Ucapan selamat ulang tahun sendiri biasanya berisi doa-doa terbaik untuk orang yang tengah berulang tahun. Kamu bisa memberikannya untuk sahabat, pasangan, ataupun keluarga. Namun sayang tidak semua orang pandai merangkai kata-kata untuk ucapan ulang tahun. Agar tidak bingung, berikut ini 50 contoh ucapan ulang tahun yang bisa kamu jadikan inspirasi.

Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Sahabat

1. “Menjadi sahabat terbaikmu adalah kehormatan terbesar dalam hidupku. Tidak ada yang mendukungku sepertimu. Semoga ulang tahun ini menandai kebesaran dan kesempurnaan ilahi.”

2. “Hari ini adalah awal dari sesuatu yang indah. Fajar baru dan awal yang baru. Eksploitasi dan taklukkan semua yang menghalangi jalanmu. Selamat ulang tahun, Sahabat.”

3. “Selama bertahun-tahun kita berteman, kamu selalu sempurna dalam berbagi dan merawat orang lain. Saat kamu bertambah satu tahun usia, aku berharap kamu mendapatkan yang terbaik dalam hidup.”

4. “Selamat ulang tahun untuk teman tersayang dan terkasih. Semoga kamu memiliki hari yang indah dan semoga tahun yang akan datang dipenuhi dengan berkat dan kegembiraan.”

5. “Kepada Sahabat terkasih: Aku mendoakanmu kegembiraan, kebahagiaan, dan lebih banyak berkah pada hari ulang tahunmu dan untuk tahun yang akan datang.”

6. “Sahabatku, kamu sangat penyayang dan perhatian, dan kamu melakukan banyak hal untuk orang lain. Hari ini adalah tentangmu. Selamat ulang tahun!”

7. “Aku berdoa agar tahun ini memberimu semua kebahagiaan yang dapat kamu bayangkan dan semua impianmu menjadi kenyataan. Selamat ulang tahun, Sahabat.”

8. “Kamu bukan hanya temanku. Kamu menjadi lebih dekat denganku daripada keluarga. Aku sangat beruntung telah mengenalmmu selama bertahun-tahun. Selamat ulang tahun!”

9. “Aku telah melihat sisi terbaik dan sisi terburukmu. Aku telah melalui semuanya denganmu dan untuk itu, aku bangga menjadi sahabatmu. Selamat ulang tahun.”

10. “Tidak mungkin aku bisa memberimu hadiah yang sempurna selain persahabatan yang kita miliki. Selamat ulang tahun dan semoga menjadi lebih menawan, cerdas, dan penuh kasih.”

11. “Hari ini, di hari ulang tahunmu, aku ingin memberitahumu betapa pentingnya dirimu bagiku. Selamat Ulang Tahun untuk sahabat terbaikku di seluruh dunia.”

12. “Sahabatku, aku berharap yang terbaik untukmu di hari istimewamu. Berkah untuk hari ini dan untuk tahun yang akan datang.”

13. “Semoga kamu mendapatkan yang terbaik di hari ulang tahunmu. Kamu adalah teman yang baik dan penuh kasih, dan aku sangat senang telah mengenalmu begitu lama.”

14. “Selamat ulang tahun untuk teman tersayang dan terkasih. Semoga kamu memiliki hari yang indah dan semoga tahun yang akan datang dipenuhi dengan berkat dan kegembiraan.”

15. “Hidupku lebih kaya dan jauh lebih baik karena kamu adalah sahabatku. Aku berharap tahun ini membawakanmu semua yang kau harapkan. Selamat ulang tahun, Sahabatku tersayang.”

16. “Selamat ulang tahun untuk seseorang yang mengenalku lebih baik daripada diriku sendiri. Aku berharap untuk bertahun-tahun lagi sebagai sahabatmu.”

17. “Selamat ulang tahun untuk sahabatku. Aku harap kamu bersenang-senang hari ini dan kamu memiliki tahun yang bahagia dan sejahtera di depan.”

18. “Harapan terbaik di hari ulang tahunmu. Kamu berhak mendapatkan semua hal baik dalam hidup. Meski kamu bersinar setiap hari, hari ini kamu lebih berkuasa!”

19. “Selamat ulang tahun untuk satu orang yang menunjukkan kepadaku arti sebenarnya dari seorang sahabat. Terimalah harapan tulusku buatmu dengan cinta.”

20. “Persahabatan kita membuatku kuat dan tangguh. Selamat ulang tahun dan terima kasih telah menjadi surgaku.”

Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Pacar

21. “Waktu terasa inginku hentikan saat ku sedang bersamamu. Duniaku seolah beralih saat ku tatap kedua bola matamu. Aku mencintaimu lebih dari apa pun. Selamat ulang tahun Sayangku, semoga bahagia selalu menyertaimu”.

22. “Karena kamu sangat spesial, semoga di hari spesial dalam hidupmu ini bisa dipenuhi dengan hal-hal spesial pula. Selamat ulang tahun, Sayangku!”

23. “Kamu adalah salah satu alasanku bersabar dan bersemangat menjalani hariku. Kamu adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan kepadaku. Selamat ulang tahun kekasih hatiku. Tetaplah menjadi dirimu yang cantik dan baik hati”.

24. “Kamu adalah salah satu alasanku bersabar dan bersemangat menjalani hariku. Kamu adalah anugerah terindah yang Tuhan berikan kepadaku. Selamat ulang tahun kekasih hatiku. Tetaplah menjadi dirimu yang cantik dan baik hati”.

25. “Selamat ulang tahun cintaku, semoga aku bisa menjadi orang yang tidak akan membuatmu mencari lagi”.

26. “Selamat ulang tahun, semoga kamu panjang umur dan bahagia selalu. Satu harapanku di hari spesialmu ini. Semoga kita selalu bersama dalam satu cinta yang utuh. Sekali lagi, selamat ulang tahun kesayanganku. Aku menyayangimu, hari ini, esok dan selamanya”.

27. “Sejak kamu datang ke dalam hidupku, semua warna menjadi lebih jelas. Kamu membawa cahaya dan warna dalam kehidupanku yang gelap. Selamat ulang tahun, Cintaku!”

28. “Kegembiraanmu adalah kegembiraanku juga, di harimu yang spesial ini aku ingin mengucapkanmu selamat ulang tahun, semoga dirimu dapat selalu berbahagia.”

29. “Dengan mengingat dirimu tak ada lagi yang lebih penting bagiku. Saat ini detik ini aku ingin menyapa dirimu dengan seraya mengucapkan doa, semoga kau diberikan cinta dan kasih sayang-Nya kepada dirimu. Selamat ulang tahun, Sayang!”

30. “Tawa dan tangis silih berganti, menyertai setiap langkah perjalanan hidupmu, tanpa terasa sudah bertambah 1 tahun usiamu, biarkanlah aku mengiringi langkah kebahagiaanmu di hari ini esok dan seterusnya”.

Ucapan Selamat Ulang Tahun dalam Bahasa Inggris

31. “U know, I am the luckiest person in the world because of having a great friend like U. May all of your dreams come true. I wish U all the love and happiness in the world. All the best on your birthday!”
(Kamu tau, aku orang yang paling beruntung di dunia karena memiliki teman yang hebat sepertimu. Semoga semua mimpimu bisa terwujud. Aku berharap kamu mendapat semua cinta dan kebahagiaan di dunia. Semua yang terbaik di hari ulang tahunmu!)

32. “Happy birthday for you the nice person in the world. I hope you always happy and all your dream will come true.”
(Selamat ulang tahun untuk kamu orang terbaik di dunia, aku berharap kamu selalu bahagia dan semoga impianmu menjadi kenyataan.)

33. “All laughs and tears we share make me feel awesome. I am so thankful for our true friendship. Hope your day is always amazing as you are. Happy birthday dear amigo!”
(Semua tawa dan air mata yang kita bagi membuatku merasa luar biasa. Aku sangat bersyukur atas persahabatan sejati kita. Semoga harimu selalu menakjubkan seperti dirimu. Selamat ulang tahun sahabat sayang!)

34. Be Happy. Be Awesome. May peace be upon you. Happy Birthday!”
(Berbahagialah, jadilah orang yang luar biasa. Semoga keselamatan untuk kamu. Selamat ulang tahun!)

35. “Happy birthday my dearest husband. I am grateful that you can enjoy another new year full of happiness. Thank you for choosing me as your wife and fill my life with love. Every word you speak is teaching. Everyday I spend with you is a blessing. You’ve made my life more meaningful.”
(Selamat ulang tahun suamiku tersayang. Aku bersyukur kamu bisa menikmati tahun barumu dengan kebahagiaan. Terima kasih telah memilihku sebagai istrimu dan memenuhi hidupku dengan cinta. Tiap kata yang kau utarakan adalah ajaran. Tiap hari yang kuhabiskan bersamamu adalah anugerah. Kamu telah membuat hidupku menjadi lebih berarti.)

36. “Happy birthday my dearest sister. May you always be beautiful and cheerful as always. Thank you for every support and your company all this time. There’s no day that I spend without you. You mean a lot to me.”
(Selamat ulang tahun, saudari tersayangku. Semoga kamu selalu cantik dan bahagia seperti biasanya. Terima kasih atas dukungan dan karena sudah menemaniku selama ini. Tiada hari yang kujalani tanpamu. Kamu sangat berarti bagiku.)

37. “Happy birthday to the most handsome boy on Earth. On this special day, hope you’re blessed with love, luck, and joy. You deserve the best because you’re so special.”
(Selamat Ulang Tahun untuk anak laki-laki paling tampan di bumi. Pada hari istimewa ini, semoga kau diberkati dengan cinta, keberuntungan, dan sukacita. Kamu berhak mendapatkan yang terbaik karena kamu begitu istimewa.)

38. “You’re there and I am here. It’s just distance which is not an obstacle for our true love. You’re always in my heart. And I am always in yours. Happy Birthday to my love!”
(Kau ada di sana dan aku ada di sini. Itu hanya jarak bukanlah halangan untuk cinta sejati kita. Kau selalu di hatiku. Dan aku selalu ada di hatimu. Ucapan selamat ulang tahun untuk cintaku!)

39. “To the world, you may just be one person. But to me, you’re the world. Have A Wonderful Birthday, My Darling!”
(Bagi dunia, kau mungkin hanya seseorang saja. Tapi bagiku, kau adalah dunia itu. Selamat ulang tahun, Sayangku!)

40. “Have a very amazing birthday! Enjoy all the cakes, hugs, love and happiness today. You deserve it, my friend. All the best for you!”
(Semoga ulang tahunmu sangat luar biasa! Nikmati semua kue, pelukan, cinta dan kebahagiaan hari ini. Kamu layak menerimanya, kawan. Semua yang terbaik untukmu!)

Ucapan Selamat Ulang Tahun untuk Orangtua dalam Bahasa Inggris

41. “Happy birthday mom! Wishing you have a long and healthy life full of joy and happiness.”
(Selamat ulang tahun bu! Semoga berumur panjang dan sehat penuh sukacita serta kebahagiaan.)

42. “Today is your birthday mom, so happy birthday to you. i Wish every single dream of yours will come true.”
(Hari ini adalah hari ulang tahunmu bu. Aku berdoa setiap impianmu akan segera menjadi kenyataan.)

43. “Happy birthday to the most handsome man in the world. All the best for you dad.”
(Selamat ulang tahun untuk pria tertampan di dunia. Segala yang terbaik untukmu, ayah.)

44. “Happy birthday to the most beautiful woman in the world. We love you so much.”
(Selamat ulang tahun untuk wanita tercantik di dunia. Kami sangat menyayangimu.)

45. “Dear Mom, thank you so much for all that you do for me. Have a happy birthday, and blessings for the year to come.”
(Ibu sayang, terimakasih banyak atas semua yang kau lakukan untukku. Semoga ulang tahunmu membahagiakan, dan diberkahi di tahun mendatang.)

46. “You are the best mom in the whole world. I love you. I hope you have a great day and a wonderful year ahead. Happy Birthday”
(Kau adalah ibu terbaik di dunia ini. Aku sayang kamu. Aku harap tahun-tahunmu ke depan akan jadi hebat dan liar biasa. Selamat ulang tahun!)

47. “Happy Birthday, Dad. If you didn’t have a birthday, then neither would I. Have a great day. I love you so much. Hugs and kisses.”
(Selamat ulang tahun, yah. Jika kau tak berulang tahun, begitu juga aku. Semoga harimu menyenangkan. Aku begitu menyayangimu. Peluk dan cium.)

48. “Being a father is one of the hardest and most important jobs in the world. I am so grateful to have you as mine. I love you, Dad. Have a wonderful birthday!”
(Menjadi seorang ayah adalah salah satu pekerjaan yang paling sulit dan penting di dunia. Aku bersyukur memiliki dirimu sebagai ayahku. Aku sayang kamu, yah. Semoga ulang tahunmu luar biasa!)

49. “Happy birthday to the best dad on this planet. It is too bad that birthdays come only once a year because you deserve one every day.”
(Selamat ulang tahun untuk ayah terbaik di planet ini. Sayang sekali ulang tahun hanya datang sekali setahun karena kau layak mendapatkan hari spesial di tiap-tiap harimu.)

50. “Mom, you are the best. I am so lucky that I was born to you. I hope that you have a great day today and many blessings in the year to come.”
(Bu, kau adalah yang terbaik. Aku begitu beruntung dilahirkan olehmu. Aku harap harimu menyenangkan hari ini dan banyak keberkahan di tahun mendatang.)

Itulah beberapa contoh ucapan selamat ulang tahun singkat tapi berkesan yang bisa kamu jadikan inspirasi. Selamat mencoba!

Editor : Aron
Sumber : detik