Guru di Myanmar mengajar senam pakai lagu ‘Ampun Bang Jago’ ist

Siapa sangka lagu buatan anak RI yang lazim berseliweran di media sosial TikTok malah menjadi saksi kudeta yang terjadi di Myanmar saat ini.

Lagu ‘Ampun Bang Jago’ karya Jonathan Dorongpangalo (Tian Storm) dan Everly Salikara (Everslkr) kembali viral. Ini setelah sebuah video yang menampilkan seorang perempuan sedang melakukan senam aerobik di Naypyidaw, Myanmar.

Dalam video berdurasi 3 menit dan 25 detik, perempuan yang diketahui bernama Khing Hnin Wai, seorang guru pendidikan jasmani, tersebut melakukan gerakan aerobik diiringi lagu ‘Ampun Bang Jago’. Video tersebut tayang perdana pada Senin (1/2/2021) pada saat kudeta militer sedang terjadi di Myanmar.

Dalam video tersebut, terlihat latar belakang jalan utama menuju gedung parlemen di Naypyidaw yang kosong karena dipagari oleh militer sejak terjadinya kudeta. Jalanan tersebut juga terlihat hanya dilalui oleh mobil-mobil militer.

Alunan musik yang ringan dengan tempo cepat membuat lagu Ampun Bang Jago mudah diterima oleh masyarakat luas baik lokal dan internasional. Penggunaannya di TikTok juga menambah ketenaran lagu tersebut.

Namun dibalik itu semua, lagu Ampun Bang Jago rupanya menjadi jargon yang dibuat untuk menjawab keresahan sang pembuat lagu, yakni Tian Storm dan Everslkr.

“Yang viral-nya itu cuma gimmick-nya doang ya Ampun Bang Jago, tapi materi utamanya itu ngebahas soal orang-orang yang sering ngerendahin kita,” ujar Tian Storm.

Dua musisi asal Bitung, Sulawesi Utara itu mengaku kerap dicibir oleh berbagai pihak. Mulai dari sesama musisi hingga kalangan warganet yang menilai karya mereka norak dan kampungan.

“Banyak sih, di kalangan musisi kan biasanya mereka sering nge-diss sesama musisi. Ada sifat kompetitifnya,” imbuh Tian Storm.

Alih-alih terganggu dengan cibiran tersebut, mereka justru mengubahnya menjadi sebuah lagu yang terkenal hingga ke mancanegara.

Tian Storm dan Everslkr kemudian mengemas jargon Ampun Bang Jago dengan iringan musik EDM. Lagu-lagu itu bahkan menjadi lagu wajib di komunitas Disko Tanah yang terkenal di kampung halaman mereka.

Tidak hanya terkenal di kampung halamannya, lagu Ampun Bang Jago juga ramai di TikTok. Kesuksesan itu pun membuka kesempatan Tian Storm dan Ever Slkr untuk bergabung dengan perusahaan lagu ternama pada 2017.

Ampun Bang Jago bukanlah satu-satunya lagu mereka yang viral. Sebelumnya juga ada Anjing Kacili yang terkenal dengan nada yang dilafalkan ‘tetew’. Lagu itu sering pula digunakan oleh para pengguna TikTok.

Kini sudah ada 60 lagu yang mereka ciptakan. Lagu-lagu tersebut dikemas dalam 5 album. Tian Storm dan Everslkr membagikan lagu-lagu tersebut di media sosial salah satunya YouTube sehingga dapat dinikmati masyarakat luas.

Editor : Aron
Sumber : cnbcindonesia