Permasalahan selangkangan yang hitam bisa saja dialami oleh setiap perempuan. Namun yang harus dipahami, selangkangan yang menghitam ini bukan disebabkan oleh warna kulit yang dimiliki masing-masing perempuan.
Healthline melansir, salah satu penyebab mengapa selangkangan perempuan seringkali hitam adalah lecet. Bisa saja, lecet pada kulit timbul ketika berolahraga atau melakukan aktivitas berlebih sehingga kulit mengalami penipisan, gatal dan menjadi lebih gelap.
Namun, selain kelecetan adapun penyebab lainnya yang membuat selangkangan menjadi hitam. Guna mempermudah informasi untuk Ladies, kumparanWOMAN telah merangkum beberapa penyebab yang membuat selangkangan menjadi lebih hitam. Apa saja?
1. Ketidakseimbangan hormon
Ketika perempuan tengah mengandung, daerah selangkangan kerap kali akan menghitam. Begitu juga ketika perempuan mengalami menstruasi, yang dimana ketidakseimbangan hormon kerap kali terjadi. Selain itu, efek samping jika kamu mengonsumsi obat untuk ketidakseimbangan hormon ini adalah penghitaman di area selangkangan.
5 Hal yang Menyebabkan Selangkangan Menghitam (1)
Terlalu banyak terpapar sinar matahari juga bisa membuat selangkangan menghitam. Foto: Shutter Stock

2. Paparan sinar matahari

Tentu hampir semua Ladies yang membaca tahu jika paparan sinar matahari akan menyebabkan perubahan warna kulit menjadi lebih gelap dengan begitu cepat. Karena itu, penting sekali untuk mengaplikasikan tabir surya atau sunscreen di area selangkangan ataupun area tubuh yang kamu harapkan tidak akan menghitam dengan cepat.
3. Kulit yang kering
Medicinenet melansir, kulit kering adalah kondisi yang sangat umum dialami yang menyebabkan kulit menjadi gatal dan pecah-pecah. Kulit yang gatal dan pecah-pecah ini berpotensi membuat selangkangan menjadi lebih hitam. Permasalahan ini dapat kamu akali dengan melembabkannya dengan produk-produk pelembab seperti body lotion.
5 Hal yang Menyebabkan Selangkangan Menghitam (2)
Peakaian atau pakaian dalam yang terlalu ketat bisa menyebabkan selangkangan menghitam. Foto: Shutterstock

4. Gesekan dari baju yang ketat

Mengenakan baju yang ketat dapat menimbulkan sensasi terbakar. Oleh sebab itu seringkali ketika mengenakan celana jeans ataupun celana dalam yang ketat dapat menyebabkan rasa gatal karena sensasi terbakar.
5. Gangguan pigmentasi kulit
Pigmentasi kulit dapat menyebabkan perubahan warna kulit. Salah satu gangguan dari pigmentasi kulit adalah hiperpigmentasi yang dimana kondisi kulit menjadi lebih gelap. Hal ini akan menimbulkan bercak-bercak kegelapan pada area kulit tertentu.
Editor : Aron
Sumber : kumparan