Asnat Bell, seorang guru hononer yang mengajar di Sekolah Dasar GMIT Nunuheno Desa Telukh, Kecamatan Amanuban Timur, Kabupaten Timor Tengah Selatan (TTS) (Foto ; Ist)

Kabar baik datang untuk paraguru honorer di Tanah Air. Menteri Pendidikan dan Kebudayaan, Nadiem Makarim, membuka kesempatan untuk mengikuti seleksi massal sebagai Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kontrak (PPPK).

Kesempatan untuk mendapatkan benefit setara PNSĀ itu bakal dilaksanakan secara daring tahun depan. Tak tanggung-tanggung, seleksi tersebut disiapkan untuk satu juta guru honorer. Berikut fakta-fakta yang mesti diperhatikan sebelum daftar:

1 Juta Guru Honorer Berpeluang Jadi Pegawai setara PNS Tahun 2021

Nadiem mengungkapkan, kesempatan menjadi pegawai PPPK ini disediakan untuk satu juta guru honorer. Keberadaan tes tersebut membuat mereka punya peluang untuk mendapatkan tunjangan setara dengan PNS.

“Pada 2021 merupakan tahun pertama, kita memberikan kesempatan yang adil bagi semua guru honorer untuk bisa menjadi PPPK dengan seleksi yang adil, transparan,” tutur Nadiem, dalam virtual conference, Selasa (17/11).

Guru Honorer Punya Kesempatan 3 Kali untuk Ikut Seleksi

Nadiem Makarim juga memastikan tiap guru honorer punya kesempatan sebanyak 3 kali untuk mengikuti seleksi tersebut. Sehingga, mereka yang tidak terpilih di 2021, bisa kembali ikut di tahun selanjutnya.

“Tidak hanya dijamin bisa ikut tes seleksi, mereka juga bisa kalau gagal pertama kali mereka akan dapat kesempatan sampai tiga kali untuk bisa lulus tes seleksi,” ungkap Nadiem.

Pemerintah Sediakan Materi Pelatihan Gratis Sebelum Ikut Seleksi

Pemerintah juga menyediakan materi pembelajaran sebagai bekal para guru honorer yang ingin mengikuti ujian. Materi secara online itu, kata Nadiem, bisa diperoleh secara cuma-cuma.

Dengan adanya materi persiapan ujian ini, kesempatan untuk lulus akan semakin tinggi. Atas dasar itu, Nadiem berharap para guru honorer dapat membuktikan kelayakan mereka untuk menjadi PPPK.

Editor : Aron
Sumber : kumparan