Ilustrasi. brokoli memiliki sejumlah manfaat baik untuk kesehatan salah satunya Vitamin U

Nama vitamin U jarang terdengar dibandingkan dengan beberapa vitamin lainnya seperti vitamin A, B, C, D, E, dan K. Namun, vitamin U memiliki sejumlah manfaat dan kegunaan yang baik untuk kesehatan tubuh.

Istilah vitamin U pertama kali digunakan pada awal 1950-an untuk menyebut senyawa yang terdapat di dalam jus kubis. Setelah penelitian lebih lanjut, senyawa itu ternyata bukan-lah vitamin, melainkan turunan dari asam amino metionin. Akan tetapi, nama vitamin U sudah terlanjur melekat.

Contoh turunan metionin yang sering disebut vitamin U antara lain S-methylmethioninemethylmethionine sulfonium, dan 3-amino-3-carboxypropyl dimethylsulfonium.

Berikut manfaat dan kegunaan vitamin U, melansir Healthline.

1. Meredakan maag

Beberapa penelitian menunjukkan, konsumsi vitamin U dapat membantu meredakan penyakit maag dengan menyembuhkan tukak usus.

Penelitian menunjukkan, konsumsi 1 liter jus kubis dapat menyembuhkan tukak usus lebih cepat.

2. Melindungi organ tubuh

Vitamin U dapat melindungi organ tubuh seperti paru-paru, hati, dan ginjal dari kerusakan. Sebuah studi mendapati, vitamin U membantu mengembalikan kondisi hati yang rusak karena asam valproat.

Penelitian pada tikus juga menunjukkan vitamin U memperbaiki ginjal dan paru-paru yang rusak.

3. Menurunkan kadar kolesterol dan trigliserida

Sejumlah bukti menunjukkan suplemen vitamin U membantu mengurangi kadar kolesterol dan trigliserida. Penelitian pada tabung reaksi menunjukkan bahwa vitamin U dapat mencegah pembentukan sel lemak dan mengurangi kadar trigliserida.

Dalam studi selama 8 minggu, orang yang diberi 1,5 gram vitamin U per hari mengalami penurunan kolesterol total hampir 10 persen.

4. Membantu penyembuhan luka dan perlindungan kulit

Vitamin U dapat memberikan perlindungan pada kulit terhadap sinar ultraviolet matahari (UV), serta mempercepat penyembuhan luka.

Penelitian pada tabung reaksi dan hewan menunjukkan bahwa mengoleskan vitamin U langsung ke luka dapat mempercepat penutupan luka.

Namun, diperlukan lebih banyak penelitian pada manusia untuk membuktikan manfaat dan kegunaan dari vitamin U.

Editor : Aron
Sumber : cnnindonesia