Para pemilih memberikan suara mereka untuk Early Voting di Kantor Register Los Angeles County di Norwalk, California, pada 5 November 2018. (Foto: AFP)

Pilpres AS 2020 dilaksanakan Selasa (3/11), dan hasilnya baru bisa ditentukan setelah suara di semua negara bagian terhitung.

Tidak ada tenggat waktu tertentu untuk pengumuman hasil Pilpres AS. Semua tergantung seberapa cepat seluruh suara pemilih dapat dikumpulkan dan dihitung.

Setiap negara bagian memiliki proses dan aturan yang berbeda dalam menghitung suara. Sebagian negara bagian ada yang sudah melakukan pemungutan suara sebelum hari pemilihan, dan sebagian lain menyusul hari ini.

Terdapat sejumlah negara bagian yang dinilai sangat menentukan dalam pemilu karena kondisi tertentu, seperti jumlah penduduk yang banyak maupun dinamika politik di sana.

Ini memungkinkan karena sistem perhitungan hasil Pilpres AS yang didasarkan pada jumlah suara elektoral melalui dewan pemilih di Lembaga Pemilihan Umum.

Setiap negara bagian memiliki jumlah dewan pemilih sesuai jumlah penduduk. Untuk menjabat presiden dan wakil presiden, pasangan calon harus mendapat 270 suara elektoral.

Mengutip CNN, berikut proyeksi mekanisme dan waktu penghitungan suara di sembilan negara bagian penentu pemilu:

Negara bagian yang diprediksi rampung menghitung suara di hari pemilihan

1. Florida
Pemungutan suara sudah dilakukan sejak 24 September dan akan dihitung pada 3 November. Pemilihan di negara bagian ini ditutup pukul 8 malam waktu setempat.

Surat suara di sana harus diterima untuk dihitung pada hari pemilihan, sehingga estimasi penghitungan suara selesai di malam pemilihan.

2. Georgia
Pemilihan suara ditutup pukul 7 malam waktu setempat. Dengan pemindaian data yang sudah dilakukan sejak 19 Oktober dan tabulasi di hari pemilihan. Estimasinya, suara terbanyak baru akan dihitung pada malam pemilihan.

3. Texas
Negara bagian ini sudah mulai memungut suara melalui surat sejak 30 Oktober untuk kabupaten dengan populasi besar.

Sedangkan untuk kabupaten kecil, pemungutan suara dilakukan di hari pemilihan. Suara ini dihitung pada 3 November.

Proses pemilihan ditutup pukul 9 malam waktu setempat. Karena sebagian besar kabupaten sudah melakukan pemilihan, maka diprediksi Texas selesai menghitung suara di malam pemilihan.

4. North Carolina
Pemungutan suara di negara bagian ini sudah dilakukan sejak 29 September, namun hasilnya baru dihitung 3 November.

Pemilihan ditutup pukul 7.30 malam waktu setempat. Dengan sebagian besar kabupaten melakukan pemungutan suara lebih dulu, hasil penghitungan bisa jadi selesai di malam pemilihan.

Namun prediksi ini bisa molor jika ada surat suara yang telat diterima, lantaran tenggat waktu penerimaan surat suara di negara bagian ini hingga 12 November.

5. Ohio
Negara bagian ini sudah melakukan pemungutan suara sejak 6 November. Suara tersebut dihitung mulai 3 November.

Pada 19.30 waktu setempat pemilihan akan ditutup. Dengan sebagian kabupaten yang sudah melakukan pemungutan, hasil diprediksi rampung pada hari pemilihan atau keesokannya.

Negara bagian yang diprediksi rampung menghitung suara setelah hari pemilihan

6. Arizona
Pemilihan sudah dilakukan sejak 20 Oktober di negara bagian ini. Namun pemilihan ditutup pukul 9 malam waktu setempat, sehingga diprediksi bakal banyak surat suara yang harus dihitung setelah hari pemilihan.

7. Wisconsin
Proses pemungutan suara ditutup pukul 9 malam waktu setempat. Kabupaten di negara bagian ini memiliki ketentuan masing-masing dalam mengumumkan hasil pemilihan.

Sehingga penghitungan keseluruhan suara di Wisconsin diprediksi rampung pada 4 November.

8. Michigan
Sejumlah kota besar melakukan pemilihan pada 2 November. Namun sisanya melakukan pemungutan suara di hari pemilihan.

Dengan ditutupnya proses pemilihan pukul 9 malam waktu setempat, maka negara bagian ini diprediksi baru selesai menghitung suara pada 6 November.

9. Pennsylvania
Sebagian kabupaten di negara bagian ini baru melakukan penghitungan suara pada 3 November.

Proses pemilihan sendiri ditutup pukul 8 malam waktu setempat. Sehingga diproyeksi penghitungan suara baru rampung 6 November.

 

Editor : Aron

Sumner : cnnindonesia