Penyu Terry memenangkan kontes Comedy Wildlife Photography Award 2020. Foto: Mark Fitzpatrick
Fotografer Mark Fitzpatrick dianugerahi Comedy Wildlife Photography Award berkat foto penyu bernama Terry yang ia ambil di lepas pantai di Pulau Lady Elliot, Queensland, Australia. Foto itu diambil secara kebetulan, tatkala Terry berenang di sekitar terumbu karang dan membalikan badannya mendekati kamera.
Menurut Fitzpatrick, saat ia mengambil gambar di dasar air, penyu Terry tiba-tiba mengangkat siripnya. Sirip inilah yang memperlihatkan suatu hal luar biasa dan seakan membuat Terry terlihat seperti manusia yang sedang mengacungkan jari tengah.
Yang tak kalah menarik dari momen ini adalah ekspresi wajah Terry yang seperti manusia memasang wajah malas. Ekspresi ini terlihat sungguh menyebalkan.
Fitzpatrick mengajukan foto tersebut dalam kontes Comedy Wildlife Photography Award 2020. Ia kemudian keluar sebagai salah satu pemenang penghargaan.
“Terry membuat orang tertawa di tahun yang serba sulit serta membantu menyebarkan pesan konservasi yang penting,” kata Fitzpatrick dalam sebuah pernyataan, dikutip dari Unilad.
“Saya berharap Terry The Turtle (Terry Sang Penyu) dapat mendorong lebih banyak orang untuk meluangkan waktu sejenak dan memikirkan tentang betapa satwa liar kita yang luar biasa bergantung pada kita dan apa yang dapat kita lakukan untuk membantu mereka.”
Foto Penyu 'Acungkan Jari Tengah' Raih Penghargaan Dunia (1)
Salah satu foto jerapah yang ikut Comedy Wildlife Photography Award. Foto: Comedy Wildlife Photography Award
Sejumlah karya lain yang juga mendapatkan penghargaan adalah foto hewan penguin muntah, beruang coklat yang tampak melambaikan tangan seperti menginginkan sesuatu, serta dua jerapah dengan ekspresi gembira.
Foto Penyu 'Acungkan Jari Tengah' Raih Penghargaan Dunia (2)
Foto beruang melambaikan tangan yang ikut kontestasi. Foto: Comedy Wildlife Photography Award/Eric Fisher
Terry the Turtle menjadi juara dari 42 finalis terpilih. Sementara total jumlah foto yang diikutsertakan dalam ajang penghargaan ini mencapai 7.000 karya.
Dari ribuan peserta, juri memutuskan jepretan penyu Fitzpatrick layak mendapatkan hadiah utama, berupa perjalanan safari di Masai Mara, Kenya, tas fotografi Think Tank, dan kamera Nikon terbaru.
Diberitakan Business Insider, Comedy Wildlife Photography Award didirikan untuk meningkatkan kesadaran konservasi satwa liar dan mendorong orang untuk lebih peduli lingkungan.
Editor : Aron
Sumber : kumparan