Everton besutan Carlo Ancelotti menang atas Tottenham Hotspur asuhan Jose Mourinho di pekan perdana Liga Inggris 2020/21. Skor akhir laga Minggu (13/9) malam WIB itu adalah 1-0.

Daftar Susunan Pemain Tottenham vs Everton

Tottenham Hotspur (4-2-3-1): Hugo Lloris; Matt Doherty, Toby Alderweireld, Eric Dier, Ben Davies; Pierre-Emile Hojbjerg, Harry Winks; Lucas Moura, Dele Alli, Son Heung-min; Harry Kane.
Everton (4-2-3-1): Jordan Pickford; Seamus Coleman, Michael Keane, Yerry Mina, Lucas Digne; Abdoulaye Doucoure, Allan; Richarlison, Andre Gomes, James Rodriguez; Dominic Calvert-Lewin.
Tottenham vs Everton: Pasukan Jose Mourinho Tak Berdaya (1)
Pemain Tottenham Hotspur Lucas Moura berebut bola dengan pemain Everton Lucas Digne pada pertandingan Premier Legaue di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris, Minggu (13/9). Foto: Catherine Ivill /REUTERS

Jalannya Pertandingan Tottenham vs Everton

Meski berstatus tim tamu, Everton lebih aktif menguasai penguasaan bola. Walau begitu, hingga 10 menit pertama, Tottenham lebih dulu mampu melepas satu tembakan akurat.
Pada menit 15, Everton mendapat peluang emas. Kesalahan operan yang dibuat pemain Tottenham nyaris dikonversi jadi gol oleh Richarlison. Pemain asal Brasil itu sudah berhasil menyambar bola liar, melewati Lloris, tetapi sepakannya tinggi melambung.
Tottenham vs Everton: Pasukan Jose Mourinho Tak Berdaya (2)
Pemain Tottenham Hotspur Toby Alderweireld berebut bola dengan pemain Everton Richarlison pada pertandingan Premier Legaue di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris, Minggu (13/9). Foto: Adam Davy /REUTERS
Pressing ketat Everton membuat Tottenham kesulitan membangun serangan, baik dari tengah maupun sayap. Hasilnya, build up mereka kerap putus di sepertiga akhir.
Pada menit 23, Tottenham mendapat momentum. Son mengirim umpan ke dalam kotak penalti. Namun, kaki Kane gagal menemui bola itu dan hanya menghasilkan tendangan gawang.
Tottenham vs Everton: Pasukan Jose Mourinho Tak Berdaya (3)
Pemain Tottenham Hotspur Harry Kane saat menciptakan peluang ke gawang Everton pada pertandingan Premier Legaue di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris, Minggu (13/9). Foto: Alex Pantlin/REUTERS
Dua menit berselang, Tottenham kembali mendapat peluang. Umpan silang Doherty nyaris bisa menjadi gol andai dapat disundul dengan baik oleh Kane. Son mencoba untuk memanfaatkan bola rebound, tetapi gagal jadi gol juga.
Rangkaian peluang itu lantas berbuah serangan balik bagi Everton. Rodriguez punya peluang, tetapi tendangannya masih lemah dan bisa diselamatkan Lloris.
Pada menit 32, Pickford membuat penyelamatan apik. Tendangan Alli dari dalam kotak penalti sukses ditepisnya.
Empat menit berselang, Rodriguez kembali mencoba peruntungan. Namun, tembakannya yang dari luar kotak penalti itu masih melebar di sisi kanan gawang Lloris.
Tottenham vs Everton: Pasukan Jose Mourinho Tak Berdaya (4)
Pemain Everton James Rodriguez saat melawan Tottenham Hotspur pada pertandingan Premier Legaue di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris. Foto: Adam Davy/REUTERS
Pada menit 41, Pickord kembali membuat penyelamatan gemilang. Tembakan jarak dekat Doherty yang memanfaatkan umpan ala ‘one-two’ dengan Kane berhasil ia blok. Skor 0-0 bertahan hingga jeda babak pertama.
Pada babak kedua, gaya bermain kedua tim tak banyak berubah. Everton membangun serangan sambil memanfaatkan umpan dari kaki ke kaki, sambil sesekali melepas umpan lambung; sedangkan Tottenham lebih mengandalkan crossing.
Pada menit 51, Richarlison kembali dapat peluang bagus. Rodriguez mengumpan lambung ke arahnya, tetapi kepalanya gagal menanduk bola ke gawang Lloris.
Semenit berselang, giliran Gomes yang dapat peluang di kotak penalti. Namun, tendangannya mampu diblok pemain Tottenham.
Akhirnya, gol yang dinanti itu hadir pada menit 54. Everton mendapat tendangan bebas di sisi kiri lapangan. Hasilnya, Digne melepas umpan lambung yang sukses ditanduk Calvert-Lewin untuk merobek gawang Lloris. 1-0.
Tottenham vs Everton: Pasukan Jose Mourinho Tak Berdaya (5)
Selebrasi pemain Everton usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada pertandingan Premier Legaue di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris. Foto: Alex Pantling/REUTERS
Tottenham akhirnya kembali mendapat peluang bagus pada menit 68. Namun sayang, sundulan Moura mampu ditangkap Pickford.
Peluang dari Moura itu mengawali kans apik Everton lainnya. Serangan balik cepat armada Carlo Ancelotti berakhir pada tendangan yang dilepas Richarlison. Akan tetapi, hasilnya, bola malah melebar.
Richarlison mendapat peluang dari sudut yang sama, sisi kanan pertahanan Tottenham, pada menit 71. Namun lagi-lagi, sepakannya yang dari dalam kotak penalti itu masih melebar di sisi kiri gawang Lloris.
Hingga akhir laga, skor 1-0 tak berubah. Pasukan Jose Mourinho kalah.
Tottenham vs Everton: Pasukan Jose Mourinho Tak Berdaya (6)
Selebrasi pemain Everton usai mencetak gol ke gawang Tottenham Hotspur pada pertandingan Premier Legaue di Tottenham Hotspur Stadium, London, Inggris. Foto: Alex Pantling/REUTERS

 

 

Editor : Aron

Sumber : Kumparan