Belakangan, perancang busana, Vera Wang, berhasil mencuri perhatian pengguna media sosial Instagram. Banyak netizen ‘gagal fokus’ dengan foto-foto yang diunggahnya. Bagaimana tidak, di usia 70 tahun, Wang masih terlihat muda dan seksi dengan rambut hitam yang terurai panjang.
Berkat penampilannya, banyak orang bertanya apa rahasia di balik awet muda yang dimiliki Wang. Dalam foto-foto yang diunggah Wang di akun Istagram-nya, terlihat ia tengah mengenakan pakaian hotpants dibalut bra olahraga, menampilkan perutnya yang ramping.
Tak sedikit warganet yang tidak percaya dengan usia Wang yang sudah menginjak 70 tahun. “Tidak mungkin dia berusia 70 tahun. Kendati dia 50 tahun, saya tetap tidak percaya,” kata pemilik akun bernama @rosalashes.

“Dia tampak cantik sekali,” kata pengguna lain @iamtusharsavani.
Seorang penggemar kemudian bertanya, apa rahasia awet muda yang dimiliki Wang. “Bekerja, tidur, koktail vodka, tidak terlalu banyak terpapar matahari,” jawab Wang seperti dikutip dari 8 days.
Tidur nyenyak dan teratur
Dalam Psychologytoday dijelaskan bahwa tidur yang cukup dan nyenyak sangat penting bagi kesehatan. Tidur secara teratur 8 jam sehari dapat menurunkan dari risiko penyakit jantung, hipertensi, diabetes, dan penyakit lain. Tidur nyenyak juga dapat meningkatkan sistem kekebalan tubuh.
Selain itu, tidur juga bisa memperbaiki mood dan menurunkan risiko alami depresi. Yang paling penting adalah, tidur nyenyak dan teratur bisa membuat kamu tetap langsing dan terlihat awet muda.
Alkohol dan kafein
Bagaimana dengan koktail vodka, dalam vitamedica alkohol disebut memiliki beberapa manfaat kesehataan. Sebuah studi yang diterbitkan dalam jurnal PLoS Medicine mengatakan bahwa konsumsi alkohol secara teratur dan moderat di usia senja dapat meningkatkan kesehatan wanita.
Vera Wang Ungkap Rahasia Awet Muda di Usia 70 Tahun (1)
Desainer gaun pengantin ternama, Vera Wang. Foto: Instagram/@verawanggang
Tapi ingat, terlalu banyak mengonsumsi alkohol dan kafein justru dapat berdampak negatif pada kesehatan. Alkohol menyebabkan pembuluh darah di wajah membesar. Minum terlalu banyak alkohol berpotensi membuat efek tersebut timbul secara permanen, mengakibatkan rona kemerahan pada wajah.
Kurangi paparan sinar matahari
Mengurangi paparan matahari secara langsung memang bisa menjadi salah satu tips menjaga awet muda. Sinar matahari yang mengandung sinar ultraviolet UVA dan UVB, dapat mempercepat penuaan hingga 90 persen.
Sinar UV dapat memecah elastin, jaringan yang memberikan elastisitas pada kulit. Menyebabkan kulit tampak kusam dan kendor, serta menyebabkan warna kulit tidak merata, timbul kerutan, dan bintik-bintik penuaan.
Selain sejumlah kecil tips yang dibagikan Wang, ada beberapa hal lain yang bisa dilakukan untuk menjaga tubuh tetap awet muda, termasuk menjaga pola makan sehat, minum banyak air, berolahraga dan meningkatkan aktivitas fisik, tidak merokok, tidak stres, dan melakukan perawatan kulit.
Editor : Aron
Sumber : kumparan