JAKARTA – Dunia kini tengah berjuang melawan pandemi Corona. Para ilmuwan dan peneliti mencoba cara terbaik untuk mengembangkan vaksin yang efektif dengan beberapa tahap uji coba.

Namun yang masih menjadi pertanyaan hingga kini adalah apakah vaksin menjadi satu-satunya solusi untuk mengakhiri pandemi Corona? Apakah jika vaksin sudah tersedia, dapat dengan cepat mengatasi pandemi Corona?

Mengutip Medical Daily, saat ini 159 kandidat vaksin Corona tengah melakukan uji coba. Tren menunjukkan vaksin dilihat sebagai salah satu cara terbaik untuk mengatasi virus Corona.

Tentu saja, vaksinasi adalah cara yang hemat biaya untuk mencegah penyakit menular. Namun, dibutuhkan sekitar 5 hingga 10 tahun untuk dapat melewati berbagai tahap pengembangan klinis sampai akhirnya disetujui dan digunakan.

“Kita perlu menyadari bahwa pada saat vaksin tersedia, mungkin beban pandemi akan berkurang dan sebagian besar populasi akan mengembangkan kekebalan kawanan melalui infeksi subklinis atau klinis,” kata ilmuwan India dari Rumah Sakit Appolo, menulis dalam sebuah artikel untuk The Quint.

Editor: PARNA
Sumber: detikhealth