Bersepeda adalah olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan. olahraga ini bisa dilakukan dengan menyenangkan. Kesehatan dan olahraga yaitu dua hal yang saling berkaitan di dalam kehidupan manusia. Kesehatan tidak dapat dipisahkan dari kehidupan sehari-hari manusia, karena kesehatan adalah suatu sifat yang sudah seharusnya melekat pada diri manusia yang normal.

Kegiatan Olahraga sering dilakukan hampir semua orang walaupun dengan jenis olahraga yang berbeda-beda tapi tetap saja tujuannya adalah menjadikan diri lebih sehat. Aktivitas olahraga yang berbeda-beda menyebabkan munculnya cabang-cabang olahraga baru di kalangan masyarakat.

Walaupun berbeda-beda, pada dasarnya aktivitas olahraga mempunyai tujuan yang sama yaitu untuk kebugaran jasmani yang sesuai dengan kaidah dalam ilmu kesehatan. Kebugaran jasmani merupakan sesuatu yang penting yang harus dimiliki oleh setiap manusia agar dapat beraktivitas dengan maksimal sehingga pencapaian dapat lebih optimal. Dengan tidak atau kurangnya kebugaran jasmani yang rendah dapat mengakibatkan seperti halnya bekerja sedikit tubuh sudah merasa capek disertai rasa kantuk.

Berbeda dengan orang yang memiliki tubuh yang bugar yang mampu bekerja secara fulltime dengan penuh semangat dan menghasilkan sesuatu yang maksimal. Jadi Kebugaran jasmani adalah kemampuan untuk melakukan kegiatan sehari-hari untuk bisa lebih bersemangat dalam melakukan banyak hal, serta memiliki cadangan tenaga untuk mengisi waktu luang dan kegiatan-kegiatan yang belum dipersiapkan.

Salah satu aktivitas olahraga yang sering dilakukan masyarakat adalah rekreasi. Olahraga rekreasi adalah kegiatan fisik yang dilakukan pada waktu senggang berdasarkan keinginan atau kehendak yang timbul karena memberikan kepuasan dan kesenangan. Olahraga rekreasi dilakukan hanya untuk mengisi waktu luang saja. Olahraga rekreasi dapat dilakukan oleh semua kalangan masyarakat, salah satu kegiatan olahraga rekreasi yaitu bersepeda.

Aktifitas bersepeda dapat dilakukan minimal 1 kali seminggu, bisa dilakukan di sekitar lingkungan tempat tinggal ataupun tempat rekreasi, seperti taman kota, pantai, dan sebagainya. Bersepeda mudah dilakukan sekaligus menyenangkan dan berdampak pada kesehatan jantung dan juga mengencangkan otot-otot tubuh.

Bersepeda sebaiknya dilakukan minimal 30 menit dengan tujuan menjadi sehat, berenergi dan bugar. Salah satu dari jenis olahraga yang telah disampaikan itu adalah bentuk tentang memilih kegiatan untuk beraktivitas dengan lebih pada kesehatan sekaligus menyenangkan, karena dapat dilakukan dengan mudah sesuai dengan kebutuhan dan ketertarikan seseorang tersebut dalam memilih kegiatan olahraga yang menyehatkan tersebut.

Namun yang paling penting adalah tetap memotivasi diri sendiri agar senantiasa melakukan olahraga sekaligus membudayakan pola hidup sehat yang menyenangkan.

Saat ini olahraga bersepeda sedang digandrungi oleh banyak masyarakat luas, dari setiap kota terlihat tengah asik melakukan olahraga menggunakan sepeda, telihat memalui social media, hal ini membuktikan bahwa kegiatan tersebut berpengaruh pada kebahagiaan diri seseorang yang menjalani rutinitas tersebut.

Olahraga bersepeda ini dapat dilakukan kapanpun, seperti contohnya pada saat pagi hari, sore hari, sebagaimana pada bulan ramadhan banyak yang melakukan kegiatan jenis olahraga ini pada saat menjelang buka puasa atau istilah lainya adalah ngabuburit, dimana para pecinta olahraga ini dapat diisi dengan bersepeda keliling kota bagi yang tempat tinggal dikota, untuk yang tempat tinggal didesa juga dapat melakukan hal tersebut, justru dengan dilakukan didesa dengan udara yang sejuk dan lingkungan yang asri juga bisa lebih memberikan kesehatan yang berlimpah.

Kegiatan diatas juga tak luput dari kebiasan kita menjaga kesehatan diri kita dari pola makan teratur, makan-makanan bergizi, istirahat yang cukup, serta menjaga lingkungan tetap bersih dan higenis tentunya, karena dari hanya olahraga saja tidak cukup untuk menjaga kebugaran tubuh kita tanpa adanya dukungan yang lebih buat diri kita masing-masing. Maka dari itu tetap jaga lingkungan dengan bersih olahraga yang teratur, supaya saat tua nanti tetap mempunyai badan yang bugar dan sehat.

Emiarti Rahayu Mulia Ningsi, mahasiswa Ilmu komunikasi Universitas Ahmad Dahlan

Editor: PARNA
Sumber: kumparan