Untuk pertama kali, penularan virus corona terdeteksi pada seekor anjing dan 3 ekor kucing di Belanda. Hal itu disampaikan Menteri Pertanian Belanda Carola Schouten dalam siaran televisi publik NOS dikutip kumparan Den Haag, Jumat (15/5) waktu setempat.

Anjing yang terjangkit COVID-19 berjenis bulldog Amerika. Satwa tersebut mengalami gejala sesak napas yang semakin parah dan saat ini oleh dokter hewan telah ditidurkan untuk selama-lamanya. Pemilik anjing diketahui adalah seorang pasien COVID-19.

Adapun, tiga kucing yang terjangkit corona adalah hewan piaraan di penangkaran cerpelai.

Ilustrasi Kucing Persia

Menurut Schouten, keempat hewan tersebut menunjukkan bahwa mereka tertular virus corona dari manusia. Dia mengatakan belum ada data hewan peliharaan menulari manusia.

“Dalam pemeriksaan pada hewan-hewan terinfeksi yang sejauh ini telah kami lihat, mula-mula adalah pemilknya dan kemudian menular ke hewan,” ujar Schouten.

Schouten mewanti-wanti masyarakat yang mengalami gejala-gejala COVID-19 agar tidak mengelus atau memeluk hewan peliharaan.

“Jaga jarak dengan anjing atau kucing Anda. Mintalah tolong orang lain untuk mengajak anjing anda jalan-jalan keluar rumah. Dan Anda bisa menempatkan kucing anda di ruangan lain. Jika hewan Anda menunjukkan gejala, hubungi dokter hewan segera,” tutur Schouten.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan