JAKARTA – Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menyebut ibunda Presiden Joko Widodo, Sujiatmi Notomiharjo, merupakan sosok yang rendah hati dan kerap hadir di acara tingkat RT.

Hal itu dikatakannya melalui sambungan telepon dengan CNN Indonesia TV, Rabu (25/3), Ganjar mengatakan Sujiatmi beberapa kali hadir dalam acara-acara sosial hingga pengajian.

“Saya bertemu sudah beberapa waktu lalu. Persisnya agak lupa. Tapi ada acara sosial, biasanya kegiatan ulang tahun atau pengajian. Di pengajian level RT saja sering ketemu, sering hadir,” ujar Ganjar.

Ganjar menilai, Sujiatmi merupakan sosok yang sederhana dan tak berubah meski memiliki putra seorang presiden. “Masyarakat juga komunikasi mudah, seperti tetangga kiri kanan,” tuturnya.

Tak jarang, lanjut Ganjar, Sujiatmi justru menyapa terlebih dulu ketika dirinya bertemu dalam suatu acara.

“Kadang ada acara saya tidak perhatian, Bu Noto tiba-tiba nyolek saya, ‘Pak Gubernur apa kabar?’ Hangat sekali, dekat sekali,” katanya.

Senada, Deputi di Kantor Staf Presiden Eko Sulistyo menyebut mendiang Sujiatmi sebagai sosok yang aktif di komunitas.

“Iya, sering ikut majelis taklim,” ungkapnya, kepada CNN Indonesia TV.

Sujiatmi sebelumnya dikabarkan meninggal dunia pada Rabu (25/3) sore. Kabar itu dibenarkan juru bicara presiden bidang sosial Angkie Yudistia. Namun belum diketahui penyebab meninggal dunia.

Jokowi dikabarkan telah tiba di Solo. Sementara jenazah Sudjiatmi juga disebut telah berada di rumah duka di Banjarsari, Surakarta.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia