JAKARTA

Ada beberapa jenis daging yang tidak bisa disantap dalam keadaan mentah. Jika nekat memakannya, maka risiko terbesar adalah kematian.

Daging ikan atau beberapa jenis seafood memang diklaim aman dikonsumsi dalam keadaan mentah. Tapi beberapa kasus membuktikan kalau ada juga jenis daging yang bisa merenggut nyawa orang ketika dimakan dalam keadaan mentah.

Berdasarkan catatan, ada orang yang tewas usai makan daging ayam mentah, daging marmut mentah hingga makan daging sapi mentah. Kasus ini bisa menjadi pelajaran untuk lebih berhati-hati ketika mengolah makanan.

Berikut beberapa kasus kematian yang terjadi usai makan daging mentah.

A groundhog eating a biscuit

1. Makan ayam mentah
Seorang perempuan asal Inggris harus meregang nyawa usa menyantap daging ayam yang belum matang. Perempuan bernama Natalie Rawnsley diketahui makan hidangan ketika tengah liburan di Yunani.

Natalie diketahui menyantap hidangan ayam, salad, udang dan sayuran. Suami Natalie mengatakan saat istrinya memotong daging ayam, ia melihat madih ada darah merah di keluar dari sela-sela daging ayam. Perempuan malang ini sempat melahapnya beberapa potong.

Setelah makan, Natalie mengeluh tidak enak badan dan mulai muntah-muntah. Gejala sakit Natalia semakin parah dengan keluhan nyeri di kaki dan banyak bintik merah pada tubuhnya. Meski sudah mendapat perawatan medis tapi nyawa Natalie tidak tertolong karena bakteri E.Coli terlanjur menyebar di tubuhnya.

A groundhog eating a biscuit

2. Makan daging marmot mentah
Menyantap daging marmot mentah di Mongolia dipercaya sebagai obat tradisional, tapi hal ini ternyata berisiko besar. Pasangan suami istri asal Mongolia meninggal dunia usai menyantap daging marmot mentah.

Bukan hanya bagian daging yang disantapnya tapi juga ginjal, kantung empedu hingga organ dalam perut marmot. Alih-alih mendapat manfaat sehat dari daging marmot, pasangan suami istri ini harus kehilangan nyawa. Keduanya diketahui mengalami demam dan muntah darah.

Setelah dibawa ke dokter, ternyata pasangan ini meninggal karena bakteri Yersinia pestis yang ada dalam daging hewan pengerat ini. Bakteri ini diketahui menyebabkan demam, menggigil, sakit perut, pendarahan hingga kematian.

A groundhog eating a biscuit

3. Makan daging sapi mentah
Banyak orang mengatakan daging sapi aman disantap dalam keadaan mentah sekalipun. Namun kasus yang terjadi pada 2011 ini membuktikan kalau daging sapi tidaklah aman dikonsumsi mentah.

Empat orang dikabarkan meninggal dunia usai makan daging sapi mentah di Restoran Yakiniku di Toyama, Jepang. Selain korban tewas, ada juga 30 orang lainnya yang harus dilarikan ke rumah sakit untuk mendapat perawatan intensif.

Pihak restoran mengatakan pada pengunjung kalau daging sapi yang disajikan ini aman dikonsumsi mentah. Padahal menurut pemasok, daging ini harus diolah dengan cara dimasak lebih dulu. Kasus kematian soal makan daging mentah ini sampai harus membuat Kementerian Kesehatan Jepang ikut turun tangan.

A groundhog eating a biscuit

4. Makan tiram mentah
Perempuan asal Texas kehilangan nyawa usai menyantap tiram mentah yang juga jadi salah satu makanan favoritnya. Wanita bernama LeBlanc makan tiram mentah saat berkunjung ke kawasan Louisiana, Aamerika.

LeBlanch diketahui menyantap dua lusin tiram mentah yang ia beli di pasar seafood. Setelah 36 jam usai makan, tubuh LeBlanc memerah dan ia mengalami sesak nafas. Dokter yang memeriksanya mengatakan kalau ada bakteri vibrio yang menginfeksi LeBlanc.

Bakteri ini banyak terdapat pada makanan laut mentah. LeBlanc sempat mendapat perawatan medis selama 21 hari namun nyawanya tak dapat tertolong. Beruntungnya, salah satu keluarga LeBlanc yang juga menyadap tiram, tidak mengalami nasib naas serupa.

A groundhog eating a biscuit

5. Makan daging sapi busuk
Kasus yang satu ini terjadi di Indonesia tepatnya di Biboki Utara, Timor Tengah Utara, Nusa Tenggara Timur. Ada 60 orang yang harus dilarikan ke rumah sakit setelah makan daging dari sapi yang sudah mati sehari sebelumnya.

Menurut keterangan, ada sapi milik salah satu warga yang mati mendadak. Sehari kemudian sapi ini dipotong oleh warga dan diambil dagingnya. Daging sapi busuk ini kemudian diolah dan disantap beramai-ramai.

Alhasil, puluhan orang harus mendapat perawatan medis setelah makan daging sapi busuk ini. Tak hanya orang dewasa, beberapa korban juga berasal dari kalangan anak-anak. Dokter mengatakan kasus ini terjadi karena daging sapi mengandung bakteri yang berbahaya.

Editor: PARNA
Sumber: detikfood