Siapa yang tak ingin berpelesir ke Thailand? Negeri Gajah Putih ini mempunyai segudang destinasi wisata yang menjanjikan dan terkenal di mancanegara.

Tak hanya kota-kota di Thailand yang ramai karena menjadi pusat perdagangan, tapi banyak tempat menarik lainnya yang patut kamu kunjungi, seperti Bukit Khao Lom Muak. Bukit dengan ketinggian 300 meter di atas permukaan laut ini menyajikan pemandangan kota dari garis Pantai Prachuap Khiri Khan.

Dilansir News.com.au, kota Prachuap Khiri Khan berada di 290 kilometer dari Bangkok. Untuk menuju ke sana, kamu bisa menggunakan bus atau kereta api.

Bukit Khao Lom Muak sendiri letaknya berada di pangkalan udara Prachuap. Sehingga ada waktu-waktu tertentu yang disediakan agar wisatawan bisa mendaki, seperti saat hari libur nasional dan ketika ada pameran wisata.

Di tahun 2020 ini pendakian pertama dibuka pada 21 Februari sampai 1 Maret lalu. Sebelum mendaki, kamu diwajibkan untuk melakukan pendaftaran dan pengecekan tensi darah untuk memastikan kesehatan kamu.

Selain itu, kamu juga harus membawa air minum untuk bekal, menggunakan sarung tangan dan sepatu. Kamu tidak dianjurkan untuk menggunakan sandal saat mendaki untuk alasan keamanan.

Kamu diharuskan datang sebelum jam 06.00 waktu setempat, karena pendakian hanya dibuka pada jam 06.00 dan 10.30 waktu setempat. Hal itu agar kamu bisa sampai di puncak sebelum matahari terlalu terik.

Pendakian akan dimulai dengan melintasi sekitar 496 anak tangga. Setelah itu, kamu akan melintasi rute yang curam dan harus mendaki sebuah tebing kapur.

Tapi tenang, semua itu akan terbayarkan ketika kamu sampai di puncak Khao Lom Muak. Kamu bisa melihat pemandangan Teluk Thailand, pulau-pulau terdekat dan tentu saja kota Prachuap Khiri Khan.

Ketika matahari sudah terik, kamu akan diminta untuk turun dari bukit dan bisa beristirahat sambil menikmati pameran wisata yang sedang berlangsung. Di sana tersedia berbagai kuliner lokal, cinderamata, pertunjukan, dan wahana permainan.

Nah, kalau ketinggalan periode pendakian pertama, kamu bisa mengikuti periode selanjutnya yang akan dibuka saat hari libur tahun baru Thailand, yaitu tanggal 13 sampai 15 April mendatang.

Editor: PARNA
Sumber: kumparan