Sports
2 min read
106

Maria Sharapova Resmi Pensiun

27 Februari 2020
0


JAKARTA – Petenis asal Rusia, Maria Sharapova memutuskan pensiun dari tenis dalam usia 32 tahun.

Keputusan untuk gantung raket itu diungkapkan Sharapova saat menulis esai untuk Vogue dan Vanity Fair seperti dilansir Mirror pada Rabu (26/2).

“Bagaimana Anda menjauh dari lapangan tempat Anda berlatih sejak kanak-kanak, permainan yang Anda cintai. Olahraga di mana Anda menemukan keluarga, bersama fan yang mendukung Anda lebih dari 28 tahun?”

“Saya baru untuk yang satu ini, jadi tolong maafkan saya. Tenis-saya mengucapkan selamat tinggal,” tulis Sharapova.

Maria Sharapova memutuskan pensiun dari lapangan tenis. (Maria Sharapova memutuskan pensiun dari lapangan tenis. (AFP PHOTO / STR)
Sharapova memenangi lima gelar Grand Slam sepanjang kariernya. Termasuk meraih gelar di turnamen Grand Slam Wimbledon tahun 2004 saat masih berusia 17 tahun.

Selain beragam sukses yang diraih, mantan petenis nomor satu dunia itu juga sempat mengalami periode buruk dalam karier. Ia gagal melewati tes doping jelang Australia Terbuka tahun 2016.

Ia diketahui positif mengonsumsi meldonium, zat yang ia gunakan sejak 2006 silam.

Maria Sharapova Resmi Pensiun
“Saya gagal dalam tes dan saya bertanggung jawab penuh. Selama 10 tahun belakangan ini, saya menggunakan obat yang dinamakan mildronate [varian lain dari meldonium] atas saran dokter saya,” kata Sharapova.

Meldonium sendiri baru ditetapkan Badan Anti-Doping Dunia (Wada) sebagai salah satu zat terlarang untuk atlet pada 1 Januari 2016. Sebelumnya mereka melakukan penelitian terhadap zat tersebut pada 2015.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia