BARCELONA

Barcelona mencapai kata sepakat dengan Palmeiras untuk transfer Matheus Fernandes. Gelandang muda Brasil itu berpotensi menjadi aset masa depan Blaugrana.

Barcelona dan Palmeiras mencapai kesepakatan soal Fernandes pada Sabtu (1/2/2020). Raksasa LaLiga menebusnya sebesar 7 juta euro plus biaya tambahan 3 juta euro, di mana sang pemain baru akan bergabung pada akhir musim.

Fernandes sendiri langsung disodori kontrak jangka panjang oleh Barcelona, yakni lima musim yang membuatnya bertahan hingga 2024/2025. Klausul rilisnya juga mencapai 300 juta euro atau Rp 4,5 triliun.

Matheus Fernandes, The Next Sergio Busquets?

Fernandes baru berusia 21 tahun. Pemain kelahiran Itaborai, Rio de Janeiro, Brasil itu, baru punya pengalaman tiga setengah musim berkarier di level profesional.

Pemain binaan Botafogo itu menjalani debut profesionalnya pada 2016. Pada 2019, ia direkrut Palmeiras, dengan kini punya catatan total 87 penampilan di level klub dengan turut membuat 3 gol dan 4 assist.

Sebagai gelandang, posisi spesifik Fernandes adalah gelandang jangkar. Gaya permainan Fernandes cukup elegan, dengan punya kontrol bola yang baik, kualitas bertahan dan membantu serangan yang sama-sama oke.

Gaya bermainnya mirip dengan Sergio Busquets. Ketenangan dan visi bermainnya mengingatkan pada permainan Busqutes yang dikenal sebagai salah satu pengatur ritme terbaik Blaugrana. Fernandes bisa merebut bola di lini belakang, lalu membuka ruang dengan apik guna membangun serangan.

Bahkan, gaya Fernandes cukup berbeda dengan Frenkie de Jong, gelandang jangkar Belanda yang direkrut Barcelona dari Ajax Amstedam pada awal musim lalu. De Jong punya gaya yang lebih lugas dan mengandalkan kecepatan di lapangan, sementara Fernandes lebih mengandalkan umpan-umpan akuratnya.

Fernandes sendiri menjadi rekrutan kedua Barcelona di musim dingin kali ini. Sebelumnya klub asal Catalan sudah resmi mengamankan Francisco Trincao, yang juga baru akan bergabung pada 1 Juli mendatang.

Sama seperti Trincao, yang disebut-sebut sebagai The Next Cristiano Ronaldo, maka Fernandes berpotensi menjadi The Next Sergio Busquets. Aset masa depan setidaknya sudah diamankan Barcelona pada bursa transfer Januari ini.

Editor: PARNA
Sumber: detiksport