JAKARTA

Setelah meluncurkan secara nasional pada 20 Januari lalu, PT Kreta Indo Artha menyelenggarakan sesi test drive KIA Seltos untuk awak media. Uji berkendara tersebut dilakukan di sekitar kawasan PIK Avenue, Jakarta Utara (31/1/2020).

Bagaimana kesan pertama detikcom setelah mencoba SUV kompak buatan India ini?

Pertama kali masuk ke dalam kabin KIA Seltos, kesan mewah langsung terasa. Jok mobil ini cukup empuk dengan balutan material kulit yang nyaman. Selain itu, bagian dasbor KIA Seltos juga mencuri perhatian karena layout-nya yang premium dan khas seperti mobil-mobil Eropa.

Lingkar kemudi KIA Seltos sudah memiliki pengaturan tilt dan telescopic, jadi sangat mudah menentukan posisi nyaman saat mengendarai mobil ini. Material kulit yang melapis setir pun membuat grip tangan semakin mantap.
Setelah mengatur posisi berkendara, detikcom langsung menyalakan mesin melalui tombol start stop engine. Selanjutnya berkendara keluar dari lobi mall dan langsung putar balik menuju ke arah Pulau Reklamasi yang disebut Pulau Maju.

KIA Seltos dibekali jantung pacu berkapasitas 1.353 cc turbo, dengan tenaga maksimal 138 dk dan torsi puncak 242 Nm. Yang menarik, mesin KIA Seltos menggunakan sistem penerus tenaga DCT atau Dual-Clutch Transmission (DCT) 7-speed otomatis.

Respons gas saat diinjak cukup cepat menaikkan putaran mesin. Perpindahan gigi pun cukup lembut berkat sistem transmisi DCT yang meminimalisasi jeda. Meski begitu, efek turbo lag tetap ada meskipun sedikit.

KIA Seltos dilengkapi 3 mode berkendara, yakni Eco, Normal, dan Sport. Pada mode normal respons mesin tidak terlalu galak. Namun saat tuas digeser ke mode sport, mesin langsung berakselerasi cepat dan putaran rpm juga cepat naik.

Soal handling, dengan dimensi kompak, panjang 4.315 mm, lebar 1.800 mm, tinggi 1.645, dan dan wheelbase 2.610 mm, mobil ini cukup nyaman dikendarai di kondisi macet. Dimensi mobil tidak terlalu besar, sehingga mudah beradaptasi di jalanan padat.

Dan meski memiliki ground clearance mencapai 183 mm, KIA Seltos tidak terlalu limbung saat digunakan bermanuver cepat. Mobil ini memiliki gejala body roll yang cukup minim. Selain itu, suspensi KIA Seltos memiliki bantingan yang cukup lembut dan membuat penumpang dalam kabin nyaman.

Bicara soal kabin, meski jok KIA Seltos empuk dan suspensi mobil ini nyaman, kabin KIA Seltos tidak terlalu luas. Meski demikian, hal tersebut dikompensasi dengan visibilitas yang luas, sebab KIA Seltos sudah dibekali sunroof.

Editor: PARNA
Sumber: detikoto