JAKARTA – Sudah setumpuk gelar, penghargaan, dan rekor didapat Lionel Messi. Memasuki tahun 2020, ada beberapa capaian yang bisa dia ukir lagi.

Messi menutup 2019 dengan meraih Ballon d’Or dan memastikan Barcelona memuncaki klasemen Liga Spanyol. Memasuki tahun 2020, ada setumpuk target yang bisa dia kejar. Salah satu yang paling diinginkan adalah mengantar Timnas Argentina memenangi Copa America, yang tengah tahun ini dilangsungkan di Kolombia dan Argentina.

Di samping target bersama Albiceleste, Messi punya ambisi untuk mengantar lagi Blaugrana memenangi Liga Champions. Sudah Lima tahun sejak Messi mengangkat trofi lambang supremasi klub-klub terbaik Benua Eropa itu.

Dikutip dari Marca, berikut daftar rekor yang bisa diukur Messi di sepanjang 2020:

1. Mematahkan Rekor Pele

Pele saat ini jadi pemain dengan jumlah gol paling banyak bersama satu klub. Di Santos, legenda sepakbola Brasil itu total menghasilkan 643 gol.

Sementara Messi saat ini sudah membuat 618 gol untuk Barcelona. Berkaca pada rata-rata gol tahunan yang di atas 20, Messi punya peluang besar menyalip Pele.

2. Ballon ‘Or Ketujuh

Dengan usia yang terus bertambah, Lionel Messi bakal sulit mempertahankan performa di atas lapangan dan menjaga kondisi fisik. Apalagi bintang-bintang muda baru terus bermunculan.

Tapi di 2019 Messi membuktikan kalau aksi-aksi individunya dan gol yang terus lahir membuat dia bisa memenangi Ballon d’or dengan mengalahkan Virgil Van Dijk. Messi kini jadi pemain dengan trofi Ballon d;Or terbanyak, di 2020 dia bisa mematahkan rekornya itu dengan memenangi gelar nomor tujuh.

3. Pemilik Pichichi Terbanyak

Lionel Messi sudah enam kali merebut Pichichi, gelar topskorer Liga Spanyol. Messi bersanding dengan Telmo Zarra yang juga pernah enam kali jadi topskorer Liga Spanyol.

Jika bisa mempertahankan ketajamannya di LaLiga pada paruh kedua musim, Messi akan meraih Pichichi-nya yang ketujuh. Dia akan jadi pesepakbola dengan gelar topskorer terbanyak di Spanyol.

4. Rekor di El Clasico

Sejak memperkuat Barcelona di medio 2000-an, Messi total sudah menjalani 42 pertandingan El Clasico. Cuma Xavi Hernandez yang punya jumlah pertandingan El Clasico sama banyak.

Itu artinya, sebelum musim berakhir Messi akan bisa mencetak sejarah dengan menjadi pemain Barcelona yang paling banyak menghadapi Real Madrid.

5. Jumlah Penampilan Terbanyak Bersama Barcelona

Pemain dengan jumlah pertandingan terbanyak di Barcelona kini adalah Xavi Hernandez. Sang gelandang tampil dalam 767 duel dalam seragam Blaugrana.

Sementara Messi sudah memainkan 705 pertandingan. Jika main di seluruh laga Barcelona tahun 2020, Messi punya peluang menyamai atau bahkan mematahkan rekor Xavi.

6. Pemain dengan Jumlah Gelar Terbanyak Bersama Satu Klub

Messi telah mengumpulkan 34 gelar bersama Barcelona. Saat ini cuma Vitor Baiya (35) dan Ryan Giggs (36) yang berhasil meraih gelar lebih banyak dalam satu tim.

Dengan kondisi itu, jika Messi memenangi tiga gelar di 2019 ini maka dia akan menjadi pemain dengan jumlah gelar terbanyak bersama satu klub.

7. Gelar Pertama Bersama Timnas Argentina

Messi belum juga memperembahkan titel mayor untuk Timnas Argentina. Di tahun ini dia punya kesempatan besar untuk meraihnya, dalam ajang Copa America 2020.

Kans itu terbuka lebar lantaran Argentina akan jadi tuan rumah bersama Kolombia.

Editor: PARNA
Sumber: detiksport