JAKARTA – Wadah Pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (WP KPK) mendukung jika Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengangkat mantan hakim Mahkamah Agung (MA) Artidjo Alkostar dan hakim Albertina Ho.

Ketua WP KPK Yudi Purnomo Harahap menyatakan pengangkatan kedua nama berlatar belakang hakim itu menjadi hal positif. Apalagi masyarakat sudah mengenal rekam jejak, integritas, dan sikap antikorupsinya.

“Terutama Pak Artidjo Alkostar yang diketahui merupakan momok menakutkan bagi koruptor dan tak segan menghukum berat,” kata Yudi dalam keterangan tertulis, Rabu (18/12).

Yudi berharap anggota Dewan Pengawas KPK lainnya juga harus mempunyai integritas yang sama sehingga menjalankan tugasnya dengan baik. Dewan Pengawas KPK sendiri terdiri dari lima orang.

Menurutnya, integritas anggota dibutuhkan karena Dewan Pengawas KPK memiliki kewenangan sangat besar, antara lain memberi izin penyadapan, penggeledahan, dan penyitaan, hingga menindaklanjuti pelanggaran kode etik pimpinan dan pegawai KPK.

“Bukan hanya ikut dalam proses penyidikan, tetapi juga harus berani melakukan pemeriksaan etik terhadap lima pimpinan KPK misal jika ada upaya menghambat perkara atau conflict of interest,” ujarnya.
WP KPK: Artidjo Momok Menakutkan Bagi Koruptor
Sebelumnya Jokowi mengungkapkan sejumlah nama berlatar profesi bidang hukum yang masuk daftar calon anggota Dewan Pengawas KPK. Di antaranya adalah mantan hakim Mahkamah Agung Artidjo Alkostar, hakim Albertina Ho, dan mantan Ketua KPK Taufiequerachman Ruki.

“Dewan Pengawas KPK ya nama-nama sudah masuk tapi belum difinalkan karena kan hanya 5, ada dari hakim, ada dari jaksa, ada dari mantan KPK, ada dari ekonom, ada dari akademisi, ada dari ahli pidana,” kata Jokowi dalam diskusi dengan wartawan, di Balikpapan, Kalimantan Timur, Rabu (18/12).

“Ada hakim Albertina Ho, itu tapi belum diputuskan lho ya, Pak Artidjo, saya ingat tapi lupa, dan belum diputuskan,” kata Jokowi sambil menambahkan nama Ketua KPK jilid 1 Taufiqurachman Ruki juga diusulkan sebagai calon anggota Dewan Pengawas.

Lima orang anggota Dewan Pengawas KPK rencananya akan dilantik bersama dengan lima orang komisioner KPK 2019-2023 pada Jumat 20 Desember 2019.

Editor: PARNA
Sumber: CNN Indonesia