Ilustrasi susah tidur Foto: Shutterstock
POJOK BATAM.ID – Satu malam kurang tidur itu bisa mempengaruhi kinerja kamu seminggu ke depan. Kamu bisa jadi uring-uringan, maunya marah-marah, mood enggak stabil, dan lain sebagainya.
Ternyata yang lebih sering mengalami kurang tidur ini cewek, lho. Yap, hasil ini berdasarkan riset dari Bensons for Beds yang melibatkan 2.000 orang di Inggris.
Satu dari dua perempuan yang jadi responden mengatakan selalu mengalami kurang tidur. Sementara, satu dari tiga perempuan mengatakan bahwa mereka sering terbangun di malam hari. Sedangkan hanya satu dari 10 cowok yang mengatakan demikian.
Penelitian ini juga menemukan fakta, bahwa rata-rata cewek kehilangan tiga jam waktu tidur malam. Kalau ditotal selama setahun, cewek kehilangan 1.095 jam tidur atau setara dengan 45 hari.
Riset ini juga menyimpulkan cewek hanya dapat lima jam untuk benar-benar terlelap di malam hari. Padahal, tidur kurang dari tujuh jam bisa mengakibatkan depresi, diabetes, penyakit jantung, sampai kematian.
Kurangnya tidur yang dialami oleh para cewek sebenarnya disebabkan oleh banyak faktor, seperti sakit menstruasi, mengurus anak, stres kerja, dan lain sebagainya.
“Kurang tidur bisa berefek negatif untuk aktivitas sehari-hari. Penelitian ini menunjukkan kurang tidur lebih banyak dialami oleh cewek dibandingkan cowok. Namun, penelitian efek kurang tidur terhadap cewek lebih jarang dilakukan daripada terhadap cowok,” ujar Helen Nunn, Kepala Marketing dari Bensons for Beds, dilansir Bustle.
So, kamu mau memperbaiki jadwal tidurmu, enggak?
Editor: PAR
Sumber: Kumparan