Foto: Ari Saputra Foto: Ari Saputra
Otofokus Adu Teknologi GIIAS 2019

JAKARTA, POJOK BATAM.ID – PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) kembali menampilkan konsep modifikasi pada Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2019. Kali ini Suzuki menampilkan Ertiga Luxury Concept, Jimny Tough Concept, dan Carry Fluzh Concept.

Head of 4W Product Development & Accessories PT SIS, Yulius Purwanto pun menjabarkan setiap rombakan yang dialami ketiga mobil tersebut. Tiga mobil ini pun dipilih karena memiliki interaksi yang cukup besar dengan konsumen Suzuki di Indonesia.

“Kehadiran tiga unit konsep ini tidak hanya untuk meramaikan. Kami memilih tiga unit ini karena memiliki interaksi paling tinggi. Kami harap dapat memberikan inspirasi saat ingin memodifikasi kendaraanya,” ujar Yulius di GIIAS 2019, ICE BSD, Tangerang.

Carry Fluzh Concept di GIIAS 2019Carry Fluzh Concept di GIIAS 2019 Foto: Rizki Pratama/detikOto

Mobil pertama yang cukup menarik dan mengalami perubahan ekstrim adalah Carry. Mobil ini dibuat bergaya lowrider dengan memangkas fungsi bak. Kaca spion juga diganti dengan sistem kamera. Untuk mendapatkan kesan low rider, mobil ini pun menerapkan air suspension.

“Dimodifikasi supaya bisa dipakai untuk bergaya. Selain warnanya biru kami sematkan front bumper lalu ada DRL di sana. Grillnya di custom sedikit, headlamp, side mirror dengan kamera,” papar Yulius.

Lanjut ke Ertiga, berbeda dengan tahun lalu yang mengusung gaya sporty, kali imi Ertiga diracik menjadi lebih elegan. Gaya tersebut didapat dengan mengadaptasi grill yang lebih besar serta mengganti bumper depan.

“Ada aksen silver pada front bumper, front grille upper, side body moulding dan back door garnish,” terang Yulius.

Terakhir adalah Jimny yang dibuat lebih gahar. Paling unik dari mobil ini adalah coating berkontur yang mempertegas kesan tangguhnya dan siap melahap segala medan.

“Konsepnya sebagai kendaraan offroad kita bikin lebih ekstrim lagi. Perubahan front bumper ARB Australia, LED spotlight, winch, lalu ada LED bar di atas, painting dicoating ada teksturnya,” terang Yulius.

Pengerjaan ini konsep modifikasi ini dikembangkan oleh tim Suzuki di bidang R&D, Konsep, dan desain. Sementara itu eksekusinya bekerjasama dengan bengkel modifikasi.

Untuk biaya modifikasi, Yulius merincikan untuk Ertiga sekitar Rp 80 juta, Jimny Rp 140 juta, dan Carry Rp 170 juta.

“Ertiga modifikasi masih pakai fiber tentu angkanya ngga masuk akal kemarin hampir Rp 80-90 juta, jimny partnya ada angka total harga part Rp 140 juta belum termasuk jasa pemasangan. Carry sekitar Rp 170-180,” tutupnya.

Editor: HEY
Sumber: detikOto