POJOK BATAM.ID – Mobil bongsor besutan General Motor (GM) yang populer tahun 2000-an, Hummer, dikabarkan bakal bangkit kembali. Ya, Hummer memang sejak 2010 lalu pada akhirnya berhenti diproduksi lantaran serangkaian restrukturisasi dan kebangkrutan GM.

Upaya menyelamatkan Hummer pernah dilakukan GM dengan berusaha untuk menjual merek tersebut ke pabrikan mobil Tiongt, Tengzhong Sichuan. Namun seiring berjalannya waktu, kesepakatan itu runtuh dan Hummer diam-diam ‘dilipat’ dengan model terakhir bergulir dari jalur perakitan pada 2010 silam.

Seperti sudah ditakdirkan, crossover dan SUV telah meledak dalam popularitas dan mudah untuk membayangkan Hummer modern akan head-to-head dengan Jeep. Tampaknya beberapa orang di GM tidak melupakan merek tersebut karena Bloomberg melaporkan perusahaan sedang mempertimbangkan untuk meluncurkan kembali Hummer. Namun reinkarnasi Hummer dikatakan bakal berbentuk truk atau SUV listrik.

Rumor tersebut memang terdengar ‘gila’ karena sejumlah pembaruan tampaknya akan membuat ‘reborn’ Hummer terasa sulit. Selain itu, peluncuran Hummer akan mahal karena akan membutuhkan upaya pemasaran besar-besaran, pembentukan jaringan dealer baru, dan peluncuran beberapa kendaraan baru yang menelan investasi yang tak sedikit.

Presiden GM Mark Reuss juga tampak agak menolak gagasan itu ketika dia mengatakan kepada media. “Saya suka Hummer, tetapi saya tidak yakin,” ungkapnya seperti dilaporkan Carscoops sebagaimana JawaPos.com kutip pada Kamis (20/6).

Meski peluncuran ulang Hummer terdengar sangat mengada-ada, bukan rahasia lagi bahwa GM sedang mengerjakan bermacam-macam truk listrik dan crossover. Salah satu yang pertama diharapkan menjadi Chevrolet Bolt EUV (Electric Utility Vehicle) yang diperkirakan akan diluncurkan tahun depan.

Selain itu, GM juga pernah mengumumkan rencana untuk meluncurkan tujuh crossover listrik dan SUV baru pada 2017 lalu. Baru-baru ini, Cadillac menggoda crossover listrik pertamanya dan GM telah mengonfirmasi sedang mengerjakan pickup listrik.

Untuk Hummer sendiri, popularitasnya tak hanya sebatas di negara asalnya, Amerika Serikat (AS) saja. Hummer dengan bodi gambot dan mesin besarnya yang khas juga populer di Indonesia sebagai mobil mewah. Hummer di Indonesia terlahir sebagai ‘mobilnya orang kaya’ karena banderol harganya yang tak murah.

Sumber:Jawapos.com