Pojok BatamPerusahaan e-commerce Shopee akan menyelenggarakan diskon besar-besaran pada 11 November 2018mendatang bertajuk Shopee 11.11 Big Sale yang dilakukan secara serentak di Asia Tenggara dan Taiwan. Berbagai promosi pada Festival belanja tersebut akan dimulai sejak besok, 25 Oktober 2018.

Perhelatan diskon besar-besaran tersebut hadir dengan riset yang dilakukan bersama Facebook mengenai tren belanja daring. Berdasarkan riset tersebut, mayoritas peminat belanja di Asia Tenggara dan Taiwan menganggap Singles’ Day, yang jatuh tiap 11 November, sebagai bagian yang tak terpisahkan dari periode belanja akhir tahun.

Dari enam negara di Asia Pasifik, tercatat ada konversi yang lebih tinggi sebesar 1,3 kali lipat pada 11 November ketimbang periode biasanya. Hal tersebut terjadi lantaran penggunaan smartphone tumbuh 76 persen selama musim liburan.

“Dari segi sistem Shopee sudah mempersiapkan festival ini sejak lama untuk mengantisipasi peningkatan trafik,” ujar Director of Shopee Indonesia Handhika Jahja di Energy Building Jakarta, Rabu (24/10).

Handika menuturkan, Festival belanja ini turut dilakukan untuk membantu perusahaan mencapai target menembus total transaksi senilai USD 8,2 miliar sepanjang 2018.

Sepanjang semester I tahun ini, Shopee berhasil mencatatkan total transaksi (Gross Merchandise Value/GMV) senilai USD 4,1 miliar. Dengan total GMV kuartalan senilai USD 2,2 miliar pada kuartal II tahun ini.

“Dari sisi annual GMV tentu kami masih on target,” imbuhnya.

Sepanjang tahun lalu, Shopee mencatatkan total transaksi senilai USD 4,1 miliar atau tumbuh tiga kali lipat dibanding 2016. Indonesia disebut sebagai pasar terbesar dengan menyumbang sebesar 40 persen dari total transaksi yang terjadi di dalam Shopee.

Selain Indonesia, Shopee juga beroperasi di Singapura, Malaysia, Filipina, Thailand, Vietnam, dan Taiwan.