Pojok BatamUD Trucks menyelenggarakan final global kompetisi driver internasional, Extra Mile Challenge 2018 untuk klasifikasi Driver Quester dan driver Quon selama tiga hari. Acara itu diselenggarakan 23-25 Oktober di UD Experience Center, Ageo, Jepang.

Finalis bersaing memperebutkan kejuaraan pengemudi truk. Kompetissi ini telah diselenggarakan sejak 2015. Putaran kualifikasi dilaksanakan di diler-diler utama UD di seluruh dunia. Melibatkan ratusan driver lokal, yang merupakan driver pelangan setempat. Indonesia mengikutsertakan driver dari PT Duta Lintas Nusa, Cikarang.

Kompetisi ini tidak hanya mengadu ketangkasan pengemudi. Melainkan juga keahlian mereka mengemudi secara efisien, kelihaian bermanufer, mengemudi secara aman. Poin penilaian yang diambil yaitu efisiensi bahan bakar, rasio waktu kerja, biaya perawatan, dan safety driving. Pemenang yang memperoleh poin terbanyak akan menjadi pemenang. Memperebutkan gelar Diver Ultimate.

Setiap tahun EMC memperluas cakupan dan jumlah pengemudi yang ikut serta. Tahun lalu
kategori model ditingkatkan menjadi dua, yaitu Quester dan Quon. Tahun ini diikuti lebih dari 250 pengemudi yang berasal dari Jepang, Australia, Singapura, Afrika Selatan, Indonesia, Malaysia, dan Timur Tengah.

Menurut Eko Yulianto, driver dari Indonesia, persiapan yang dilakukan lebih kepada faktor mental. “Tak boleh grogi, mental berpengaruh besar terhadap performa”, pungkasnya.