Pojok Batam- Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas menggelar kegiatan khataman Alquran tingkat Sekolah Dasar (SD) dan tingkat Sekolah Menengah Pertama (SMP). Kegiatan ini dilaksanakan di Masjid Al Mutaqqin, Desa Ladan, Kecamatan Palmatak, Sabtu (6/10).
Kegiatan tersebut diikuti 5 peserta khataman yang terpilih dan diramaikan oleh sekitar 500 orang peserta pawai.
Masyarakat sekitar sangat mendukung kegiatan tersebut. Ditambah lagi kedatangan rombongan Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris di Kecamatan Palmatak disambut meriah.
Masyarakat mengiringi rebana dan pawai. Arak-arakan rombongan bupati terlihat dari pelabuhan Matak hingga ke tempat acara.
Bupati Kepulauan Anambas Abdul Haris mengatakan, ia sangat senang melihat antusiasme anak-anak yang ramai mengikuti acara tersebut. Hal ini tidak terlepas dari peran serta orang tua dan para guru yang telah mendidik muridnya dalam mengaji hingga mengkhatamkan mereka.
”Jasa dari para guru ini perlu kita apresiasi dan semoga amal ibadah mereka dibalas oleh Allah,” ungkapnya ketika menghadiri acara tersebut.
Selain itu, pihaknya juga berharap kepada orang tua dan para guru agar lebih menggalakkan lagi hafalan Alquran pada anak-anak, remaja, maupun dewasa. Jika itu diterapkan, maka Pemkab Anambas akan mengadakan kegiatan lomba menghafal ayat suci Alquran dalam masa yang akan datang, sebagai wujud dari dukungan atas Gerakan Menghafal Alquran.
”Hari ini anak-anak kita telah dikhatamkan sebanyak lima orang, peserta pawainya ramai sekali. Saya harapkan ke depannya akan banyak anak-anak Anambas yang hafal Alquran,” ujar dia.
Ia juga menyampaikan, seluruh sekolah dapat menjaga kebersihan lingkungan sekitar. Dengan lingkungan yang bersih pasti akan ada kesehatan yang baik pula.
”Kita akan galakkan di setiap desa dan sekolah dapat menjaga kebersihan. Jangan buang sampah sembarangan, karena itu tidak baik bagi kesehatan,” harap dia.

Leave a Reply