Ilustrasi. Berikut ini cara mengatasi asam urat yang tinggi. (Istockphoto/ Spukkato)

Penyakit asam urat memang kerap mengganggu aktivitas sehari-hari. Penting untuk mengetahui cara mengatasi asam urat yang tinggi.

Asam urat atau gout merupakan kondisi yang terjadi akibat penumpukan kristal asam urat di dalam tubuh, terutama pada sendi-sendi tertentu seperti jari kaki, pergelangan kaki, dan lutut.

Asam urat adalah hasil limbah alami yang dihasilkan tubuh saat mencerna makanan yang mengandung purin. Purin sendiri adalah senyawa alami yang biasanya diproses oleh tubuh dan dibuang melalui urine.

Namun, ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal mengeluarkannya terlalu sedikit, asam urat dapat menumpuk, membentuk kristal yang menyebabkan peradangan, pembengkakan, dan nyeri pada sendi.

Penyebab asam urat primer terjadi ketika tubuh memproduksi terlalu banyak asam urat atau ginjal tidak dapat mengeluarkannya dengan cukup efisien.

Sedangkan penyakit asam urat sekunder disebabkan oleh kondisi medis atau pola makan yang memicu peningkatan produksi asam urat atau pengeluaran yang tidak efektif.

Cara mengatasi asam urat yang tinggi

Dilansir dari Healthline, ada beberapa cara untuk mengatasi asam urat, dimulai dari pengobatan secara medis atau menggunakan bahan-bahan alami, berikut diantaranya.

1. Mengonsumsi obat dari dokter

Konsultasikan dengan dokter untuk mendapatkan resep obat yang tepat untuk menurunkan kadar asam urat dan mengurangi gejalanya.

2. Konsumsi makanan dengan vitamin C yang tinggi

Makanan yang kaya akan vitamin C dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam darah.

3. Perbanyak minum air putih

Ilustrasi perempuan minum air mineralIlustrasi. Salah satu cara mengatasi asam urat yang tinggi. (iStock/Pongtep Chithan)

Minum banyak air putih dapat membantu mengurangi pembengkakan pada sendi akibat asam urat.

4. Hindari makanan tinggi purin

Batasi atau hindari konsumsi makanan yang tinggi kandungan purin, seperti daging merah dan makanan laut.

5. Hindari alkohol

Minum alkohol bisa membuat Anda semakin dehidrasi. Pada sebuah penelitian tahun 2021 menunjukkan minum alkohol juga bisa memicu kadar asam urat tinggi.

Alkohol meningkatkan metabolisme nukleotida, sumber purin lain yang dapat diubah menjadi asam urat. Hal ini juga mempengaruhi kecepatan pelepasan asam urat, yang menyebabkan peningkatan kadar darah.

7. Minum kopi

Ilustrasi perempuan minum kopiIlustrasi. Salah satu cara mengatasi asam urat yang sedang tinggi adalah minum kopi. (Ed Gregory)

Penelitian dari tahun 2016 menunjukkan bahwa kopi dapat membantu menurunkan kadar asam urat serum.

Kopi dapat melawan enzim yang memecah purin dalam tubuh untuk menurunkan tingkat produksi asam urat.

8. Olahraga teratur

Berolahraga secara teratur dapat membantu menurunkan kadar asam urat dalam tubuh.

9. Hindari stres

Ilustrasi stresIlustrasi. Salah satu cara mengatasi asam urat yang tinggi adalah menghindari stres. (iStock/PeopleImages)

Stres dapat memperparah gejala asam urat, oleh karena itu penting untuk menjaga diri agar tidak mengalami stres yang berlebihan.

Anda bisa mengikuti cara menurunkan asam urat yang tinggi seperti langkah-langkah di atas untuk meringankan gejalanya.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia