Foto: iStock

Kapan ya waktu terbaik minum teh hijau, pagi hari atau sebelum tidur? Mungkin banyak dari kamu yang bertanya kapan waktu terbaik untuk minum teh hijau, ternyata hal tersebut dapat kamu tentukan sesuai dengan tujuanmu.

Teh hijau terkenal dengan segudang manfaatnya bagi kesehatan, mulai dari meningkatkan metabolisme, membakar lemak, hingga menangkal radikal bebas. Dengan segala khasiatnya, kamu bisa memaksimalkan manfaat tersebut dengan meminumnya diwaktu yang tepat.

Untuk itu, kamu perlu tahu kapan waktu yang tepat dan sesuai untuk memenuhi kebutuhanmu. Jadi kapan waktu terbaik untuk minum teh hijau, pagi hari atau sebelum tidur?

Ini dia waktu terbaik minum teh hijau, baik pagi hari ataupun sebelum tidur agar manfaatnya maksimal:
Waktu terbaik mengonsumsi teh hijau adalah pagi hari di antara waktu makan, bukan saat perut kosong. Kamu bisa mengonsumsinya dua jam sebelum atau setelah makan.

Minum lah teh hijau di antara waktu makan untuk memastikan bahwa katekin (antioksidan) tidak bereaksi dengan kasein yang ada dalam protein hewani atau susu. Studi juga menunjukkan bahwa waktu terbaik minum teh hijau untuk diet di pagi hari dan sebelum berolahraga.

Ganti secangkir kopi dengan teh hijau menjadi cara terbaik untuk memulai harimu. Teh hijau mengandung sejumlah kafein dan L-theanine. Keduanya bersama-sama dapat membantu meningkatkan suasana hati dan konsentrasi.

Waktu terbaik mengonsumsi teh hijau pada pagi hari juga menjadi kesempatan terbaik untuk membantu membakar lemak. Beberapa penelitian menunjukkan bahwa minum teh hijau sebelum olahraga dapat meningkatkan proses pembakaran lemak.

Sebaliknya, hindari mengonsumsi teh hijau pada malam hari atau segera setelah akan. Sebab, ada senyawa dalam kandungannya yang dapat mengikat mineral dan memblokir penyerapannya dalam tubuh.

Kamu juga tidak dianjurkan untuk minum teh hijau sebelum tidur. Kandungan kafein dalam teh hijau bisa membuatmu sulit tidur dan menguras elemen penting dalam sistem tubuh.

Manfaat Minum Teh Hijau
1. Meningkatkan Metabolisme
Kandungan katekin dalam teh hijau membantu meningkatkan metabolisme tubuh sehingga membakar kalori lebih banyak dan membantu menurunkan berat badan. Minum teh hijau pada pagi hari dapat membantu tubuh memulai proses metabolisme dengan optimal.

2. Meningkatkan Fokus dan Kewaspadaan
Teh hijau mengandung L-tehanine, asam amino yang membantu meningkatkan fokus, konsentrasi, dan kewaspadaan. Cocok untuk diminum sebelum memulai aktivitas atau bekerja.

3. Meningkatkan Sistem Kekebalan Tubuh
Teh hijau kaya akan antioksidan yang membantu melawan radikal bebas dan meningkatkan sistem kekebalan tubuh. Minum teh hijau di pagi hari dapat membantu tubuh melawan infeksi dan penyakit.

4. Menurunkan Kadar Gula Darah
Teh hijau membantu mengatur kadar gula darah sehingga bermanfaat bagi penderita diabetes. Minum teh hijau dapat membantu mencegah lonjakan gula darah, pemicu sakit jantung dan stroke.

5. Mencegah Kanker
Kandungan antioksidan dalam teh hijau membantu melindungi tubuh dari kerusakan sel yang dapat menyebabkan kanker. Minum teh hijau secara teratur, dapat membantu menurunkan risiko kanker.

Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Mengonsumsi Teh Hijau
Meski teh hijau banyak mengandung manfaat didalamnya, jangan asal mengkonsumsinya ya. Berikut tips dalam mengkonsumsi teh hijau dengan benar agar mendapat hasil yang maksimal.

1. Jangan diminum setelah makan.
2. Seduh dengan air bersuhu hangat.
3. Sebaiknya tidak menambahkan pemanis apapun baik madu ataupun gula.
4. Jangan dikonsumsi dalam keadaan perut kosong.
5. Jangan dikonsumsi bersamaan dengan obat.
6. Jangan dikonsumsi berlebihan.

Jadi, waktu terbaik mengonsumsi teh hijau, yakni pada pagi hari. Coba konsumsi teh hijau tepat waktu agar manfaatnya lebih optimal.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com