Gedung MK. (Foto: dok kompascom)

Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Ma’ruf Amin sama-sama angkat bicara menjelang sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pemilihan Presiden (Pilpres) 2024 yang digelar pada Senin (22/4/2024) pagi ini.

Di sela-sela kunjungan kerjuanya ke Provinsi Gorontalo, Jokowi tidak mau berkomentar banyak soal sidang putusan sengketa Pilpres 2024 karena itu merupakan wewenang Mahkamah Konstitusi (MK).

“Oh, itu wilayahnya di Mahkamah Konstitusi,” kata Jokowi saat memberikan keterangan usai bermain sepak bola di Gorontalo, dikutip dari tayangan YouTube Sekretariat Presiden, Minggu (21/4/2024) kemarin.

Jokowi sendiri baru berangkat ke Gorontalo pada Minggu siang kemarin dan akan melaksanakan sejumlah agenda kunjungan kerja pada hari ini.

Beberapa agenda kerja Presiden di Gorontalo yaitu meresmikan sejumlah infrastruktur seperti Bandara Panua Pohuwato di Kabupaten Pohuwato dan Inpres Jalan Daerah di Provinsi Gorontalo.

Sementara itu, Ma’ruf Amin melalui juru bicaranya, Masduki Baidlowi mengajak seluruh pihak untuk menghormati dan menerima apapun putusan MK nanti.

“Wapres mengimbau kepada masyarakat dan seluruh pihak terkait khususnya yang bersengketa dan para pendukungnya, untuk menghormati dan menerima apapun hasil yang diputuskan MK nanti,” kata Masduki dalam keterangan tertulis, Minggu malam.

Menurut Ma’ruf, sidang MK adalah bagian dari mekanisme penyelesaian sengketa yang sah seusai pelaksanaan Pemilu dan Pilpres 2024.

Selain itu, MK juga telah melibatkan publik melalui amicus curiae atau sahabat pengadilan yang diajukan oleh banyak tokoh dan cendekiawan.

Oleh karena itu, Ma’ruf menekankan bahwa putusan MK nanti memiliki legitimasi.

Ma’ruf juga meminta seluruh pihak untuk menjaga kerukunan dan persatuan demi Indonesia yang lebih maju dan sejahtera.

“Sebab, kerukunan dan persatuan merupakan prasyarat utama suatu bangsa agar terus dapat bergerak untuk meraih kemajuan,” ujar Masduki.

Untuk diketahui, sidang pembacaan putusan sengketa hasil Pilpres 2024 bakal dimulai pada Senin pagi pukul 09.00 WIB.

Pasangan calon presiden dan wakil presiden nomor urut 1 dan 3, Anies-Muhaimin dan Ganjar-Mahfud dijadwalkan hadir dalam sidang hari ini, sedangkan pasangan nomor urut 2 Prabowo-Gibran tidak hadir.

Editor: PARNA