Marselino Ferdinan melakukan selebrasi setelah mencetak gol penalti dalam laga Yordania vs Indonesia pada laga pamungkas Grup A Piala Asia U23 2024 di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024). (Dok. PSSI)

Timnas U23 Indonesia, satu-satunya tim debutan di Piala Asia U23 2024, mencetak sejarah usai lolos ke perempat final.

Kepastian Indonesia melaju ke babak delapan besar Piala Asia U23 2024 didapat setelah mengalahkan Yordania pada laga terakhir Grup A.

Pertandingan Yordania vs Indonesia di Stadion Abdullah bin Khalifa, Doha, Qatar, Minggu (21/4/2024) malam WIB, tuntas dengan skor 1-4.

Dua gol kemenangan Indonesia diborong Marselino Ferdinan (23′-penalti, 70′), sedangkan sepasang gol lainnya dicetak Witan Sulaeman (40′) dan Komang Teguh (86′).

Adapun gol Yordania hadir karena gol bunuh diri Justin Hubner pada menit ke-79. Hasil ini membuat Indonesia finis sebagai runner-up Grup A dengan 6 poin.

Indonesia menemani Qatar yang lolos ke perempat final sebagai juara grup. Qatar menutup penampilan di fase grup dengan hasil imbang tanpa gol melawan Australia.

Indonesia nyaris mencetak gol saat pertandingan baru berjalan tiga menit. Witan Sulaeman mendapatkan bola di sisi kanan penyerangan.

Witan lantas menggiring bola ke dalam kotak penalti sebelum memberikan umpan ke Rafael Struick. Namun, tembakan Struick bisa ditepis kiper Yordania, Ahmad Al Juaidi.

Serangan balik membuat Yordania hampir menjebol gawang Indonesia pada menit ke-11. Akan tetapi, tendangan Baker Kalbouneh melebar ke sisi kiri.

Empat menit kemudian, Struick kembali mengancam pertahanan Yordania. Tembakannya kali ini juga masih bisa digagalkan Al Juaidi.

Upaya Garuda Muda untuk mencetak gol akhirnya berhasil. Pergerakan Struick membuat bek Yordania, Amer Jamous, melakukan pelanggaran di kotak terlarang.

Jamous menjatuhkan Struick sehingga menghasilkan penalti untuk Indonesia. Marselino Ferdinan maju sebagai eksekutor dan berhasil mengecoh kiper Yordania.

Marselino melepaskan tembakan ke pojok bawah kanan gawang saat Al Juaidi bergerak ke sisi kiri. Indonesia pun unggul 1-0 pada menit ke-23.

Witan Sulaeman mendapat kesempatan dari tendangan bebas 10 menit kemudian. Namun, tembakannya melambung di atas mistar.

Kegagalan itu terbayar pada menit ke-40 saat Witan melepaskan tendangan melengkung yang menembus gawang Yordania usai menerima servis dari Rizky Ridho.

Editor: PARNA

Sumber: kompascom