Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar menjadi narasumber dalam dialog “Kepri Gemilang” bersama TVRI Kepulauan Riau. (Foto: dok Humas Pemprov Kepri)
Dewi Ansar: Mengenang Kartini, Menginspirasi Masa Kini

Ketua TP-PKK Provinsi Kepulauan Riau Hj. Dewi Kumalasari Ansar menjadi narasumber dalam dialog “Kepri Gemilang” bersama TVRI Kepulauan Riau. Dialog yang dilaksanakan di Studio Mini TVRI Kepulauan Riau, Jalan Basuki Rahmat Tanjungpinang, Senin (22/4/2024) ini dipandu oleh Lissaidah sebagai pembawa acara, dengan tema utama “Kartini Masa Kini”.

Dalam dialog tersebut, Dewi Ansar membahas peran perempuan dalam menghadapi berbagai tantangan di zaman modern. Ia berbagi pengalaman dan pandangannya tentang peran perempuan dalam pembangunan, kesetaraan gender serta bagaimana menghadapi perubahan zaman saat ini dengan bijak.

Menurutnya, perempuan saat ini dapat mengambil peran penting dalam berbagai aspek kehidupan, termasuk dalam bidang pendidikan, ekonomi, politik dan sosial.

“Menurut saya, perempuan masa kini harus berani berjuang dalam segala dan harus terus mengupgrade ilmu pengetahuannya agar dapat bersaing dengan kaum laki-laki di berbagai bidang, seperti bisnis, politik, sosial dan pendidikan,” kata Dewi Ansar.

Dewi Ansar juga mengingatkan Kartini merupakan sosok penting dalam memperjuangkan hak-hak perempuan di masa lampau. Semangat Kartini harus terus dijunjung tinggi dan diimplementasikan dalam kehidupan sehari-hari oleh semua perempuan di Indonesia khususnya di Kepulauan Riau.

“Jasa seorang Kartini sangat luar biasa bagi kaum perempuan di Indonesia, karena beliau Indonesia dapat mewujudkan kesetaraan gender dan perempuan masa kini dapat setara dengan laki-laki tanpa melanggar kodratnya,” ujarnya.

Dewi Ansar juga menggambarkan sosok Kartini dalam benaknya sebagai almarhum ibunda tercintanya, karena sosok ibu merupakan seorang pendidik yang pertama dalam mengajarinya tentang ilmu kehidupan yang baik dan berguna hingga saat ini.

“Bagi saya ibu merupakan madrasah bagi seorang anak dalam mendidik dan mencontohkan perilaku yang baik dalam kehidupan sehari-harinya kepada anaknya,” jelasnya.

Diakhir dialog, Dewi Kumalasari Ansar mengajak masyarakat untuk terus menginspirasi dan mengikuti jejak Kartini dalam mewujudkan kesetaraan gender dan pembangunan yang berkelanjutan di Provinsi Kepulauan Riau.

Editor: PARNA