Iran Lancarkan Serangan Drone ke Israel, Netizen Cemas Perang Dunia 3. Foto: Iranian Army/AP Photo

Iran telah melancarkan serangan drone ke Israel di tengah kekhawatiran perang regional yang lebih luas. Serangan tersebut menyusul meningkatnya ketegangan kedua negara dipicu Israel menyerang Kedutaan Besar Iran di ibu kota Suriah, Damaskus, yang menewaskan dua komandan tinggi Tehran.

Serangan ini menandai pertama kalinya Iran melancarkan serangan militer terhadap Israel, meskipun kedua negara telah lama menjadi musuh. Korps Pengawal Revolusi Islam Iran mengatakan pihaknya meluncurkan puluhan pesawat tak berawak dan rudal ke Israel dalam serangan yang dapat memicu eskalasi besar permusuhan kedua negara.

Sirene langsung terdengar di seluruh Israel selatan dan utara, wilayah Shomron, Laut Mati serta Yerusalem usai Iran melancarkan serangan. Juru bicara militer Daniel Hagari mengatakan Israel langsung menutup sekolah-sekolah, membatasi jumlah orang berkumpul di luar ruangan menjadi 1.000 orang, dan jumlah yang lebih kecil lagi di wilayah perbatasan, pantai pun akan ditutup.

Dunia saat ini menunggu dengan napas tertahan untuk melihat bagaimana konflik ini akan berkembang. Dengan ketegangan yang meningkat dan potensi untuk eskalasi lebih lanjut, komunitas internasional memantau dengan cermat dan berharap agar solusi damai dapat ditemukan sebelum terlambat.

Serangan drone Iran ke Israel turut memicu kekhawatiran di kalangan netizen di seluruh dunia. Banyak yang menyatakan kecemasan bahwa ini bisa menjadi awal dari ‘Perang Dunia 3’.

Media sosial dipenuhi dengan spekulasi dan kekhawatiran tentang kemungkinan eskalasi konflik menjadi perang yang lebih besar, yang melibatkan lebih banyak negara dan memiliki dampak global yang signifikan.

“Perang dunia ke 3 baru saja dimulai. Persiapkan dirimu,” kata @mengaparizal.

“Teman-teman, apakah Perang Dunia ke 3 akan segera dimulai ? Aku sangat takut, aku sangat takut,” ujar @HotPinkFairy05.

“Sayangnya perang dunia ke-3 telah dimulai… harga bensin akan melonjak mulai besok. Waspadai ketidakstabilan, kekacauan, dan perpecahan,” ujar @PSatnav.

“Berani betul Iran menyerang Isreal dgn drone terbesar di dunia. Jika gegara ini pecah Perang Dunia 3, maka dua blok ini yg berhadapan: 1. Rusia, China, Iran, Yaman, Korea Utara 2. NATO, AS, Israhell, dan UK,” analisis @sutono_abe.

“Dengan serangan Iran terhadap Israel dan konflik simultan antara Amerika dan NATO di dua front dengan Rusia dan Iran, front berikutnya mungkin adalah Taiwan dan Tiongkok yang akan segera menyerang kita, bersiaplah untuk Perang Dunia III,” kata @bdleonanda.

“Jika terjadi peperangan antar negara-negara tersebut, apalagi jika pecah Perang Dunia ke 3 , dipastikan kerusakan dan kehancuran akan terjadi di kedua belah pihak, tanpa ada pemenang dan warga sipil, anak-anak dan perempuanlah yang menjadi korbannya,” kata @wdtu.

“Semoga saja hal ini tidak menimbulkan efek domino yang berujung pada perang dunia ke 3,” harap @kirawontmiss.

“Tidak semudah itu disebut perang dunia, keterlibatan Iran di “perang Teluk” saja tidak disebut “perang Dunia”. Tapi harus tetap waspada jika kemana-mana,” ujar @helmi_stbd.

Editor: PARNA
Sumber: detik.com