Foto: BBC World

Kejadian gempa dahsyat di Taiwan memiliki kisah menyentuh dari para tenaga migran dari Indonesia. Aksi heroik mereka menjadi viral di media sosial terutama di Taiwan.

Sebelumnya, pada Rabu (3/4) sekitar pukul 07.58 pagi terjadi gempa berkekuatan magnitudo (M) 7,5 yang menghantam Taiwan. Banyak bangunan tinggi rubuh, jalan rusak hingga memakan korban jiwa.

Berdasarkan pantauan detiKINET di media sosial seperti TikTok banyak sekali beredar video rekaman CCTV yang menunjukkan para TKI menyelamatkan majikannya yang sudah lanjut usia hingga lumpuh saat terjadi gempa.

Salah satunya video yang paling viral adalah aksi wanita bernama Maya TKI asal Indonesia. Dalam videonya terlihat bagaimana Maya menyelamatkan sang nenek yang tengah tertidur di kasur.

Saat gempa terjadi , Maya dan majikan wanitanya yang sudah lanjut usia tengah tertidur. Maya yang terbangun dahulu ia pun langsung mendekati kasur majikannya yang persis berada di sebelahnya. Guncangan terlihat sangat kuat yang bergerak ke kanan kiri bahkan benda-benda di sekelilingnya juga ikut terjatuh akibat guncangan.

Meski guncangan hebat, Maya tak keluar dari kamar tersebut untuk menyelamatkan diri, ia tetap berada di ruang tersebut lalu memeluk erat dan melindungi majikannya sampai guncangan gempa terhenti dan aman.

Video Maya ini pertama kali diunggah di Facebook oleh Wan Jianrong, putra dari nenek tersebut. Ia membagikan rekaman CCTV yang dipasang di kamar sang ibu.

Selain sosok maya, masih banyak TKI yang juga melakukan tindakan serupa yang videonya turut viral di TikTok. Kebanyakan mereka lebih mementingkan keselamatan para majikannya yang sudah berusia tua dibandingkan dirinya sendiri.

Aksi para TKI ini pun mendapatkan banjir pujian dari netizen di Taiwan dan Indonesia khususnya di platform TikTok. Mereka begitu terharu akan aksi heroik mereka, dan juga turut mendokan keselamatan mereka di Taiwan.

“Salut sekali dengan para pekerja Taiwan, benar-benar bertanggung jawab sama pasiennya. Jiwa kemanusiaannya tinggi sekali,” tulis Tia

“Aku terharu, semoga kalian selalu dalam lindungan Allah SWT, tidak ada korban jiwa,” tulis Vica

“Ya Allah sebesar itu guncangannya, semoga selamat semuanya gak ada korban jika dan buat kakaknya Masya Allah banget sehat dan sukse buat kamu orang baik,”

“Semoga saudara kita yang kena musibah selamat semua ya Allah aamiin,” tulis Yulia

“Masya Allah aku menangis liat viti ini, perjuangan kalian luar biasa mengabdi tanpa ada rasa takut sedikitpun, sehat selalu para pejuang keluarga aamiin,” tulis Desi

“Biarkan seluruh dunia melihat bagaimana orang-orang Indonesia dan semoga para pekerja yang di luar negeri diperlakukan lebih baik lagi oleh semua para majikan,” tulis Gadis

“Semoga para pekerja migran di Taiwan selalu ada dalam lindungan Allah SWT, Aamiin YRA,’ tuilis Purwanti

Editor: PARNA

Sumber: detik.com