Foto: CameraSport via Getty Images/Andrew Kearns – CameraSport

Manchester City kembali meraih kemenangan di lanjutan Premier League. Man City bangkit dari ketinggalan sebelum mengalahkan tuan rumah Crystal Palace 4-2.

Laga Crystal Palace vs Manchester City digelar di Stadion Selhurst Park pada Sabtu (6/4/2024) malam WIB. Jean-Philippe Mateta membungkam suporter tim tamu usai mencetak gol cepat sebelum laga genap empat menit.

Gelandang sekaligus kapten Kevin de Bruyne menginspirasi comeback Man City setelah menyumbang di masing-masing babak. Dua gol the Citizens lain dicetak Rico Lewis dan Erling Haaland.

Berkat tiga tambahan poin ini, Man City naik ke peringkat kedua klasemen Liga Inggris untuk menggusur Arsenal. Si Biru Langit mengoleksi 70 poin, membayangi Liverpool dengan perolehan angka yang sama sekaligus mengungguli the Gunners dua poin.

Jalannya Pertandingan

Crystal Palace mengejutkan Man City. Di menit keempat, Jean-Philippe Mateta membobol gawang Man City untuk memberi keunggulan Palace 1-0.

Gol itu tercipta setelah umpan John Stones dipotong sehingga Crystal Palace melakukan serangan balik cepat. Adam Whorton mengirim umpan terobosan kepada Mateta di depan, untuk diselesaikan dengan sepakan mendatar ke tiang jauh.

Man City merespons melalui Josko Gvardiol. Umpan silang Kevin de Bruyne dari sayap kanan disambut Gvardiol dengan sundulan meski bola masih melebar.

Crystal Palace menghadapi tekanan bertubi-tubi dari Man City. Joel Ward mesti melakukan sapuan krusial di depan gawang untuk menghalau tembakan Julian Alvarez. Setelahnya, tembakan Rodri memaksa Dean Henderson terbang untuk menepis bola di sudut atas gawang.

Man City akhirnya menyamakan kedudukan. Di menit ke-13, Kevin de Bruyne mencetak gol penyama untuk mengubah skor menjadi 1-1.

Jack Grealish menggocek bola di sisi kiri kotak penalti, sebelum mengirim umpan kepada De Bruyne. Pemain yang disebut terakhir melepaskan tembakan melengkung akurat yang bersarang di sudut atas gawang Palace.

Man City membuang peluang memperbesar skor. Umpan terobosan De Bruyne membebaskan Erling Haaland di depan. Namun, tembakan Haaland bisa ditahan Henderson.

Crystal Palace nyaris menciptakan gol keduanya. Serangan balik cepat memungkinkan Jordan Ayew menguasai bola, lalu melepaskan sepakan kaki kanan dari dalam kotak penalti. Bola meluncur deras sebelum menghantam mistar gawang.

Start sempurna Man City di babak kedua. Rico Lewis membobol gawang Crystal Palace untuk membawa Man City berbalik unggul 2-1 di menit ke-47. Grealish melepaskan crossing dari sisi kiri kotak penalti, bola disundul Joachim Anderson. Rico Lewis menguasai bola, lalu diteruskan dengan tembakan kaki kanan yang mengecoh Henderson.

Gol ketiga yang dicari-cari Man City akhirnya terlahir. Erling Haaland memperbesar keunggulan Man City menjadi 3-1 di menit ke-66. Umpan tarik Grealish kepada De Bruyne diselesaikan Haaland dengan sontekan dari depan gawang.

Hanya empat menit berselang, Man City mencetak gol keempatnya! Kerja sama De Bruyne dengan Grealish diteruskan Rodri dengan operan pendek. De Bruyne menuntaskan dengan tembakan kaki kiri mendatar ke sudut bawah gawang lawan. Crystal Palace 1, Man City 4.

Di tengah tempo permainan yang menurun, Crystal Palace berhasil menipiskan ketinggalan menjadi 2-4 di lima menit terakhir.

Berawal dari serangan balik, umpan silang Jeffrey Schlupp diselesaikan Michael Olise dengan sontekan dari depan gawang. Ortega tak punya kesempatan untuk melakukan penyelamatan.

Susunan Pemain

CRYSTAL PALACE: Dean Henderson, Joel Ward, Joachim Andersen, Daniel Munoz, Tyrick Mitchell (Clyne 75′), Will Hughes (Ahmada 82′), Jefferson Lerma, Eberechi Eze (Schlupp 64′), Wharton, Jordan Ayew (Olise 74′) Mateta (Edouard 74′)

MANCHESTER CITY: Stefan Ortega, Stones, Ruben Dias, Gvardiol (Akanji 46′), Rico Lewis, De Bruyne (Bernardo Silva 90′), Grealish, Rodri (Kovacic 74′), Oscar Bobb, Julian, Alvarez (Matheus Nunes 74′), Haaland

Editor: PARNA
Sumber: detik.com