Peringatan malam Nuzulul Qur’an tingkat Kota Batam 1445 Hijriah yang digelar di Halaman Masjid Mukhtarul Arifin, Perumahan Taman Cipta Asri, Tembesi, Sagulung, Batam, rabu (27/3/2024), berlangsung Khidmat dan Meriah.

Sebelum peringatan Nuzul Qur’an, Wali Kota Batam Muhammad Rudi, bersama Wakil Gubernur Kepulauan Riau Hj Marlin Agustina, menyerahkan secara simbolis santunan kepada 1500 anak yatim.

Hadir juga dalam kesempatan ini, Sekretaris Daerah Kota Batam H Jefridin, Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Batam, Para Asisten, Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Camat dan Lurah se-Kota Batam, serta Tokoh agama Kota Batam.

Selain itu, ribuan jemaah juga terlihat sangat antusias. peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kota Batam kali ini juga disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube resmi Dinas Komunikasi dan Informatika (Kominfo) Kota Batam.

Peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kota Batam ini berjalan meriah karena diisi oleh penceramah kondang Ustaz Ahmad Rustandi dan penyanyi religi AI Khodija dari Ibukota.

Dalam sambutannya, Marlin menjelaskan, bahwa Nuzulul Qur’an terjadi pada 610 M, saat Nabi Muhammad menerima wahyu pertama dari Malaikat Jibrīl, sebagai awal dari turunnya ayat-ayat Al-Qur’an.

Al-Qur’an juga dijadikan sebagai pedoman berkehidupan. Di dalamnya terdapat bimbingan kepada kebaikan, perintah juga larangan, kabar gembira dan peringatan, serta ajakan menyembah Allah SWT semata.

Marlin juga mengajak untuk tidak hanya menjadi pembaca pasif, melainkan menjadi pembaca aktif dan kritis, sehingga nilai-nilai yang terkandung di dalamnya dapat dijalankan dalam kehidupan sehari-hari.

Selain itu, Marlin mengajak masyarakat untuk menjaga kesatuan dan persatuan, serta untuk meningkatkan ibadah di bulan ramadan.

“Semoga Allah SWT senantiasa melimpahkan rahmat dan karunianya kepada kita semua,” ucap Marlin.

Sedangkat Sekda Kota Batam H Jefridin, dalam laporannya mengatakan, bahwa Peringatan Nuzulul Qur’an tingkat Kota Batam 1445 H/2024 M kali ini dimulai dengan menyantuni 1500 anak yatim.

Dilanjutan salat magrib berjamaah, berbuka puasa bersama, solat isya berjamaah dan tarawih, hingga pada acara puncak peringatan Nuzulul Qur’an.

“Kami minta maaf apabila acara ini ada yang tak sesuai pada tempatnya. Terimakasih kepada pengurus masjid dan masyarakat sekitar yang telah memberi izin melaksanakan kegiatan ini,” singkat Jefridin.

Editor: PARNA