Palang Merah Indonesia (PMI) Kota Batam berhasil menggalang Rp1,5 miliar selama kegiatan Bulan Dana 2023. Sekretaris Daerah Kota Batam, Jefridin, sekaligus Ketua Bulan Dana PMI Tahun 2023 mengungkapkan, penggalangan dana berlangsung dari 1 September -30 November 2023. Selaku Ketua Bulan Dana PMI Tahun 2023, Ia menyampaikan terimakasih dan mengapresiai kepada seluruh pihak yang telah berpartisipasi pada kegiatan Bulan Dana PMI Kota Batam tahun 2023.

Ia juga menyampaikan rasa bangganya atas kinerja seluruh pihak sehingga kegiatan Bulan Dana dapat dilaksanakan dengan sangat baik, lancar dengan hasil yang memuaskan. Donasi yang berhasil terkumpul berasal dari OPD dan Mitra OPD, Perusahaan, Komunitas/Ormas, Charity Event dan melalui Online dari Qris dan Website.

“Alhamdulillah dalam waktu tiga bulan donasi yang terkumpul Rp1.597.999.668,-. Keberhasilan atas pencapaian bersama seluruh mitra dan masyarakat yyang sudah berkontribusi dan mendukung kegiatan ini,” ucapnya.

Dijelaskannya, Bulan Dana merupakan kegiatan rutin yang dilakukan setiap tahun dalam rangka menghimpun, menggalang dana sumbangan, partisipasi instansi dan lembaga termasuk seluruh komponen masyarakat untuk mendukung pelayanan kemanusiaan kepalangmerahan. PMI sebagai mitra pemerintah mempersiapkan ketersediaan darah di kota Batam, sebagai promotor keterampilan pertolongan pertama, menyalurkan bantuan kemanusiaan, dan menyediakan layanan ambulans darurat untuk masyarakat. Pelayanan Kemanusiaan sudah di jalankan oleh PMI Kota Batam selama 30 tahun pengabdian.

“Dengan jumlah penduduk Kota Batam 1,2 juta, dibutuhkan sekitar 24 ribu kantong stok darah tiap tahunnya. Tiap donasi masyarakat untuk layanan ambulans akan mendukung PMI menjangkau lebih banyak lagi bagi masyarakat yang membutuhkan. Inilah kenapa setiap tahun PMI mengadakan Bulan Dana PMI dari bulan September – November untuk menggalang dana gotong royong dari masyarakat guna mendukung berbagai program dan kemanusiaan yang dilakukan PMI,” papar pria kelahiran Selatpanjang ini.

Bulan Dana merupakan sumber pendanaan yang tertuang dalam UU No. 1 Tahun 2018 tentang Kepalangmerahan, yang dilaksanakan dengan tujuan untuk menjaga kemandirian organisasi dan mendukung peran PMI untuk mendukung tugas-tugas pemerintah dalam bidang sosial kemanusiaan. Bulan Dana PMI Tahun 2023 bertemakan ”Komitmen Kami Untuk Saling Berbagi Dan Melayani Manusia Yang Paling Membutuhkan Sekarang Dan Dimasa Datang”.

“Mudah-mudahan PMI dapat memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat dengan cepat dan tepat . Serta dapat meningkatkan aktifitas dan mobilisasi organisasi agar dapat berjalan sesuai tugas pokok dan fungsi PMI sebagaimana yang diamanatkan dalam Anggaran Dasar dan Anggaran Rumah Tangga PMI,” pungkasnya.

Editor: PARNA