PM Malaysia Anwar Ibrahim menjadi salah satu yang pertama mengucapkan selamat kepada presiden terpilih RI, Prabowo Subianto, usai hasil resmi KPU RI keluar. (Biro Humas Setjen Kemhan)

Perdana Menteri Malaysia Anwar Ibrahim menjadi salah satu kepala negara pertama yang memberi selamat kepada Prabowo Subianto usai menjadi presiden terpilih RI menyusul hasil resmi Komisi Pemilihan Umum (KPU).

Pada Rabu (20/3), KPU menetapkan Prabowo dan wakilnya Gibran Rakabuming Raka memenangkan Pilpres 2024 ini dengan total 96,2 juta suara.

“Saya telah menghubungi Presiden terpilih Republik Indonesia Yang Mulia Bapak Prabowo Subianto untuk menyampaikan selamat atas kemenangan beliau dalam Pilpres Indonesia yang baru selesai,” kata Anwar di X, Kamis (21/3) malam.

Dia lalu berujar, “Saya diberitahu bahwa saya pemimpin pertama yang mengucapkan selamat kepada dia setelah pengumuman hasil resmi pemilu tadi.”

Lebih lanjut, Anwar mengatakan tindakan itu cukup bermakna karena melambangkan nilai persahabatan Malaysia dan Indonesia yang sangat istimewa sebagai negara tetangga dekat.

PM Malaysia ini juga meyakini Prabowo akan mampu mengemban amanah demi kemajuan dan kesejahteraan bangsa Indonesia.

Di kesempatan itu, Anwar menjelaskan Malaysia dan Indonesia berkomitmen memperkuat hubungan bilateral mencakup berbagai aspek.

“Dan berjanji untuk bekerja sama secara erat di berbagai forum multilateral, khususnya dalam lingkup ASEAN,” lanjut dia.

Indonesia dan Malaysia memiliki hubungan yang dekat. Keakraban ini tercermin saat Presiden RI Joko Widodo menjadi kepala negara pertama yang memberi selamat ke Anwar saat dia terpilih menjadi PM Malaysia.

Anwar juga memilih Indonesia menjadi negara pertama yang dikunjungi tak lama setelah dilantik menjadi perdana menteri.

Ucapan Anwar muncul usai KPU menetapkan Prabowo-Gibran sebagai pemenang di pilpres 2024. Mereka meraih 96.214.691 suara sah dan unggul di 36 dari 38 provinsi seluruh Indonesia.

Sementara itu, pasangan lain Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar meraih 40.971.906 suara dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD mendapat 27.040.878 suara sah.

Editor: PARNA

Sumber: cnnindonesia.com