Jonatan Christie lolos ke final All England 2024 jumpa Ginting di All Indonesian Final. (Arsip PBSI)

All Indonesian Final tercipta di sektor tunggal putra All England 2024 setelah dua wakil Indonesia Anthony Sinisuka Ginting dan Jonatan Christie memastikan tampil di partai puncak.

Final All England 2024 akan berlangsung di Utilita Arena Birmingham pada Minggu (17/3). Final tunggal putra All England 2024 akan mempertemukan dua wakil Indonesia yaitu Ginting vs Jonatan alias Jojo.

Ginting memastikan lolos ke final All England 2024 usai mengalahkan wakil Prancis Christo Popov lewat permainan tiga gim di semifinal, Sabtu (16/3).

Dalam pertandingan itu, Ginting menang 19-21, 21-5, dan 21-11 atas Christo Popov. Kemenangan itu membuat Ginting berhasil mengakhiri penantian 22 tahun tunggal putra Indonesia lolos ke final All England.

Budi Santoso menjadi wakil terakhir Indonesia yang bisa menembus partai final All England 2002. Saat itu Budi Santoso kalah dari wakil China, Chen Hong.

Bahkan Indonesia bukan hanya pecah rekor 22 tahun tak pernah lolos ke final tunggal putra All England, tetapi Indonesia juga berhasil meloloskan dua wakil di final tunggal putra All England 2024.

Kepastian itu didapat setelah tunggal putra Indonesia lainnya yakni Jonatan Christie juga sukses melaju ke final All England 2024.

Jojo berhasil melangkah ke final usai mengalahkan Lakshya Sen di semifinal. Jojo mampu mengandaskan perlawanan ketat Lakshya Sen di semifinal dengan skor 21-12, 10-21, 21-15.

Ini artinya Indonesia sudah memastikan satu gelar juara di sektor tunggal putra All England 2024 antara Ginting atau Jonatan.

Gelar di sektor tunggal putra All England ini sekaligus mengakhiri penantian panjang selama 30 tahun bagi Indonesia.

Pasalnya, terakhir kali Indonesia juara tunggal putra All England itu diraih pada 1994 oleh Hariyanto Arbi.

Editor: PARNA
Sumber: cnnindonesia.com