Foto: Getty Images/LumiNola

Memilih jurusan atau program studi kuliah jangan asal-asalan. Bisa jadi jurusan ini nantinya akan berpengaruh dengan masa depan kamu.

Jurusan kuliah mungkin akan menentukan pekerjaan kamu setelah lulus nanti. Atau setidaknya, memilih jurusan kuliah yang tepat akan membuka peluang kamu untuk mendapatkan pekerjaan terbaik.

Kalau masih bingung menentukan, coba simak dulu 10 jurusan yang berpotensi bisa meraup gaji tinggi berdasarkan riset di tahun 2024 berikut ini.

Jurusan-jurusan yang Berpeluang Dapat Gaji Tinggi
Berikut ini 10 jurusan yang berpeluang mendapatkan gaji tinggi, dilansir dari Research.com:

1. Sistem Informasi Manajemen
Jurusan Sistem Informasi Manajemen mempelajari integrasi antara teknologi komputer, metode kuantitatif, dan keahlian manajerial untuk memenuhi kebutuhan pemrosesan informasi organisasi.

Disiplin ilmu ini berkonsentrasi pada analisis, desain, penerapan, dan administrasi sistem informasi dalam konteks perusahaan. Para pelaku di bidang ini berusaha menjembatani antara teknologi dan operasi bisnis.

Lulusan dari Sistem Informasi Manajemen dapat bekerja sebagai analis sistem komputer, manajer database, konsultan TI, dan pengembang aplikasi.

Gaji rata-rata: $164 ribu atau Rp 2,5 miliar per tahun.

2. Fisika
Jurusan fisika berkaitan dengan studi materi dan energi, baik menggunakan kerangka teori tradisional maupun kontemporer. Mahasiswa fisika biasa melakukan eksperimen dalam lingkungan laboratorium.

Lulusan dengan gelar di bidang fisika bisa berperan sebagai fisikawan medis, ilmuwan lingkungan, ahli biofisika, insinyur ruang angkasa, atau insinyur optik.

Gaji rata-rata: $139 ribu atau Rp 2,1 miliar per tahun.

3. Pemasaran
Jurusan pemasaran dikenal sebagai jurusan yang mudah beradaptasi. Mereka mempelajari dasar-dasar riset pasar, strategi pemasaran, perilaku konsumen, dan teknik komunikasi.

Dalam perusahaan, departemen pemasaran berperan penting dalam pengembangan produk, promosi, dan wawasan konsumen, semuanya bertujuan untuk memenuhi tujuan perusahaan.

Lulusan dengan spesialisasi pemasaran biasanya bekerja dengan peran seperti analis riset pasar, analis pemasaran, manajer produk, manajer periklanan, dan posisi kepemimpinan lainnya dalam departemen pemasaran.

Gaji rata-rata: $138 ribu atau Rp 2,1 miliar per tahun.

4. Ilmu Komputer
Ilmu komputer memberikan banyak peluang untuk kemajuan akademik dan profesional melalui teknologi.

Mahasiswa ilmu komputer terlibat dalam kurikulum yang mengasah keterampilan pemecahan masalah mereka melalui penggunaan database, etika komputer, dan dasar teoritis komputasi.

Karier yang berkaitan jurusan ilmu komputer antara lain administrator perangkat lunak, insinyur perangkat keras komputer, administrator basis data, arsitek jaringan, analis sistem, analis keamanan, dan pengembang web.

Gaji rata-rata: $136 ribu atau Rp 2,1 miliar per tahun.

5. Ekonomi
Mahasiswa jurusan ekonomi menggunakan teknik matematika dan analisis data untuk mempelajari prinsip dan teori ekonomi untuk memprediksi tren pasar. Mereka juga mempelajari makroekonomi, mikroekonomi, dan statistik bisnis.

Lulusan jurusan ekonomi sering kali berperan dalam perencanaan strategis di perusahaan bisnis. Mereka bisa menjadi analis data, analis riset pasar, analis risiko keuangan, dan manajer kompensasi dan tunjangan.

Gaji rata-rata: $113 ribu atau Rp 1,7 miliar per tahun.

6. Manajemen
Mahasiswa manajemen bisnis mempelajari kepemimpinan tim dan mengelola dinamika antarpribadi di tempat kerja. Pekerjaan di bidang manajemen berfokus pada manusia dalam bisnis, sehingga membutuhkan interaksi rutin dengan orang-orang.

Lulusan jurusan manajemen bisnis memiliki keahlian dalam negosiasi dan menyelesaikan perselisihan. Mereka sering kali berkarier sebagai manajer proyek, atau manajer di sektor layanan pribadi, hiburan, dan rekreasi.

Gaji rata-rata: $107 ribu atau Rp 1,6 miliar per tahun.

7. Administrasi Kesehatan
Jurusan administrasi kesehatan berkonsentrasi pada aspek administratif sistem layanan kesehatan, termasuk organisasi, kepemimpinan, dan integrasinya.

Mahasiswa jurusan ini dilatih untuk melakukan tugas-tugas dalam pengelolaan unit layanan kesehatan, perusahaan, atau domain klinis tertentu.

Lulusan dari spesialisasi bidang ini sering kali berkarier sebagai manajer klinik, manajer pelayanan medis dan kesehatan, manajer informasi kesehatan, dan direktur perawatan.

Gaji rata-rata: $104 ribu atau Rp 1,6 miliar per tahun.

8. Manajemen Konstruksi
Kurikulum jurusan manajemen konstruksi memadukan pengetahuan dalam manajemen, arsitektur, teknik, teknologi, bisnis, ilmu terapan, dan matematika.

Lulusannya disiapkan agar ahli dalam mengawasi anggaran, jadwal, tenaga kerja, material, dan aspek proyek lainnya secara efisien dan aman.

Lulusan dengan gelar dalam manajemen konstruksi dapar berperan sebagai manajer konstruksi, konsultan keberlanjutan, insinyur lokasi, dan manajer proyek.

Gaji rata-rata: $101 ribu atau Rp 1,5 miliar per tahun.

9. Teknologi Informasi
Jurusan teknologi informasi (TI) menyiapkan para ahli dalam penyimpanan, pengambilan, dan transmisi informasi.

Mereka dibekali dengan keterampilan dalam menggunakan bahasa kueri seperti SQL dan QBE untuk manipulasi data dalam aplikasi perangkat lunak.

Lulusan TI dapat berperan dalam manajemen proyek, desain sistem basis data, keamanan informasi, serta rekayasa perangkat lunak dan perangkat keras.

Gaji rata-rata: $100 ribu atau Rp 1,5 miliar per tahun.

10. Statistik
Terakhir adalah jurusan statistik yang sesuai dengan era big data saat ini.

Mahasiswa statistik mahir dalam mengumpulkan, menganalisis, dan memahami data. Mereka dapat meningkatkan kemampuan dengan mengikuti kursus tambahan di berbagai bidang seperti ilmu komputer, ilmu hayati, atau ilmu fisika.

Jurusan statistik dapat berfokus pada beberapa bidang, seperti statistik terapan, statistik komputasi, statistik umum, pembelajaran mesin, dan ilmu data.

Lulusannya dapat bekerja sebagai analis bisnis di sektor perbankan dan keuangan, atau ekonom, ahli statistik, dan analis keuangan di sektor publik.

Gaji rata-rata: $99 ribu atau Rp 1,5 miliar per tahun.

Nah, itulah tadi 10 jurusan yang berpotensi memperoleh karier pada pekerjaan yang meraup gaji tinggi. Kamu berminat masuk jurusan mana?

Editor: PARNA
Sumber: detik.com